Allah ‘Meninggikan’ Orang Beriman Berilmu

42

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ketika seseorang itu menghina sesamanya, maka sebenarnya dirinya itu telah mempersempit ruang geraknya sendiri. Karena yang pasti lingkungan akan merespon ungkapan – ungkapan buruk tersebut. Yang pada akhirnya, ketika membutuhkan bantuan orang lain, jelas lingkungan akan sulit dan ogah untuk membantu. Ini sebagai bentuk respon terhadap ungkapan – ungkapan buruk tersebut.

“Sombong adalah sikap menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim no. 91)

Marilah kita bersama menjaga hubungan baik di antara kita, dengan menghindari ungkapan-ungkapan buruk dan menggantinya dengan ungkapan– ungkapan dan panggilan– panggilan yang baik, menyenangkan serta menyejukkan hati. Sehingga kebersamaan dan kenyamanan lebih terjaga diantara kita.

“Jika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukamu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat buruk biarlah ia yang menanggungnya.” (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722)

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Al Mujadilah: 11)