Sabtu, 10 April 2021
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaCemara Udang Solusi Pemecah Ombak Pantai Utara

    Cemara Udang Solusi Pemecah Ombak Pantai Utara

     

    - Selain mendirikan rumah-rumah pompa dan tanggul , juga melakukan penanaman pohon cemara udang di kawasan pesisir pantai utara. Pohon tersebut dijadikan salah satu solusi untuk menghadang ombak besar yang melanda kawasan pantai utara.

    Wali Kota Surabaya mengatakan, sejak awal kepemimpinannya, pihaknya terus melakukan penanaman pohon cemara udang di tepi pantai utara. Antaranya di kawasan Bulak, Kenjeran, hingga sekitaran Jembatan Suramadu. Sebab, di kawasan tersebut tidak bisa ditanami mangrove.

    “Selain bikin tanggul, kita juga tanami cemara udang. Fungsinya untuk menahan ombak-ombak sebelum ke daratan,” katanya, Jumat (25/01/19).

    Dikatakan, kawasan pesisir pantai dinilai lebih rawan terkena banjir. Sebab, ada dua faktor kemungkinan yang dapat menyebabkan wilayah pesisir banjir. Yakni, intensitas curah hujan tinggi dan timbulnya air rob atau pasang.

    Baca juga :  Gempa M6,7 Picu Guncangan Kuat Beberapa Wilayah Jatim

    “Makanya kita harus pintar-pintar menyiasati itu,” ujarnya.

    Selain membangun tanggul untuk penghadang air rob, penanaman pohon cemara udang dinilai juga penting sebagai metode pemecah ombak besar. Dengan adanya pohon tersebut, diharapkan dapat mengurangi derasnya ombak sebelum mencapai daratan.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan