Kamis, 28 Maret 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurLamonganLamongan Kembali Raih Piala Adipura

    Lamongan Kembali Raih Piala Adipura

    Lamongan – Kabupaten Lamongan kembali mendapat anugerah tertinggi dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup, Piala Adipura. Ini berarti Adipura di era Bupati Fadeli belum pernah absen menjadi milik Lamongan. Bahkan secara berturut-turut, di tahun 2013 dan 2014, Kabupaten Lamongan meraih Adipura Kencana.
    Lamongan Kembali Raih Piala Adipura
    Bupati Lamongan Fadeli saat memamerkan piala Adipura yang diraih dalam anugerah tertinggi di bidang pengelolaan lingkungan hidup
    Penghargaan piala Adipura diterima langsung Bupati Fadeli dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Senin (14/01/2019).
    “Piala Adipura ini Kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Lamongan. Untuk bapak-bapak dan ibu-ibu di kampung yang selama ini telah turut menjaga lingkungannya, “ ujar Fadeli.
    Bupati Fadeli usai menerima penghargaan tersebut mengungkapkan rahasia konsistensi Lamongan. Menurut dia, keberhasilan mendapatkan piala Adipura karena keguyuban masyarakat Lamongan dalam turut serta menjaga lingkungannya.
    Lamongan menurut Fadeli memiliki keunggulan dalam pengelolaan sampah pemukiman melalui Program Lamongan Green and Clean (LGC). Sebuah program yang dirancang untuk membudayakan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya. Karena LGC ini merupakan kompetisi pengelolaan lingkungan hidup antar kampung yang penilaiannya dilaksanakan sepanjang tahun.
    Sejumah inovasi juga muncul dari Program LGC. Seperti Desa Sidorejo Kecamatan Lamongan yang menggunakan hasil pengelolaan Bank Sampah untuk membayar iuran premi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) warganya.
    “Kami memang memiliki Program LGC yang memacu setiap kampung berlomba menata lingkungannya. Namun tanpa keguyuban warga, mustahil LGC bisa berjalan sukses dan Piala Adipura diraih setiap tahun. Untuk itu sekali lagi, Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, “ katanya menambahkan.
    Selain Adipura, tahun ini Kabupaten Lamongan juga terdapat tiga lembaga pendidikan yang ikut meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri. Sebuah apresiasi tertinggi bidang pengelolaan lingkungan hidup di level lembaga pendidikan. Yakni SMAN 2 Lamongan, MAN Lamongan, dan SMPN 1 Lamongan. Sementara SDN 2 Tambakrigadung meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional. (rin/bis).

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan