Selasa, 7 Februari 2023
24 C
Surabaya
More
    Ikan Lele Konsumsi Sumenep Tembus 4 ton Perminggu

    Ikan Lele Konsumsi Sumenep Tembus 4 ton Perminggu

    Sumenep – Beberapa pekan terakhir ini, memasuki musim hujan di Madura khususnya di Kabupaten Sumenep daya minat masyarakat mengkonsumsi ikan Lele sangat tinggi. Pasalnya banyak masyarakat yang penyuka ikan laut juga penyuka ikan lele.

    Sebagai daerah kepulauan paling timur, yang masyarakatnya notabene mengkonsumsi ikan laut dan ikan air tawar, faktor cuaca menjadi alasan utama tingginya permintaan ikan Lele, seperti yang di katakan oleh salah satu pembudidaya Lele Rozi yang tinggal di Desa Tambaagung Timur Kecamatan Ambunten ini.

    Menurutnya, permintaan lele di Sumenep saat ini mencapai 3-4 ton perminggu, jadi untuk memenuhi dan mencukupi semua itu, saya harus budidaya lele sebanyak banyaknya. Minimal 30-40 ribu ekor sekali tebar. Sisanya ambil di petani binaan. Tegasnya saat di jumpai Warta Transparansi.com ditempat usahanya ( 05/012)

    Baca juga :  Muktamar Internasional Fikih Peradaban 1 Diyakini Akan Lahirkan Resolusi Perdamaian Dunia

    Rozi yang kesehariannya berprofesi sebagai guru madrasah ini juga berwiraswasta dengan cara menggeluti usaha budidaya lele yang dirintisnya sejak 2013, lalu sampai 2018, kata dia, pihaknya melanjutkan usaha lele milik pamannya. Awalnya sempat fakum karena beberapa kendala dan keterbatasan modal yang menghimpit. Namun dengan keseriusan dan keistiqomahannya usaha lele yang di jalankan sampai saat ini Mampu mensuplay sedikitnya tidak kurang dari 15 warung makan lalapan di beberapa kecamatan di kabupaten Sumenep. Akunya

    “Awalnya modal saya saat memulai budidaya lele ini pas Pasan. Pertama Memulai tebar 4000 ekor sampai 8000 ekor secara terus menerus. pasang surut juga ada bahkan saya hampir gulung tikar akibat lele mati besar.” ungkapnya

    Baca juga :  Muktamar Internasional Fikih Peradaban 1 Diyakini Akan Lahirkan Resolusi Perdamaian Dunia

    “Alhamdulillah, sejak th 2017 kami dapat pembinaan dan di bekali banyak ilmu dan pengalaman di bidang budidaya ikan lele oleh dinas perikanan Sumenep secara terus menerus sampai saat ini. dari sana, sedikit demi sedikit usaha budidaya lele kami semakin berkembang hingga sekarang”.

    Membanggakan sekali, sebagai pembudidaya Ikan lele dirasakan, sejak tahun 2018 hasil Produksi lele konsumsi dari kolamnya sendiri bisa mencapai 1ton dalam sekali Panen per/tiap minggunya. Dan akan menambah kolam dan jumlah tebar lagi untuk produksi lele pembesaran di tahun 2019 nanti, hal itu dirasa karena melihat permintaan lele terus meningkat dari waktu ke waktu.

    Pak Rozi, mengajak kepada seluruh warga madura , khususnya di Kab.Sumenep, untuk membudidaya lele mengingat usaha lele ke depannya sangat prospek. Dan pihaknya siap diperbantukan jika ada masalah dalam tahap awal pengelolaan. Pungkasnya. (Sal)

    Baca juga :  Muktamar Internasional Fikih Peradaban 1 Diyakini Akan Lahirkan Resolusi Perdamaian Dunia

    Editor : Nakula

    Redaktur : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan