Kamis, 18 April 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurLamonganPetani Lamongan Panen Raya Cabai, Dihadiri Bupati Fadeli

    Petani Lamongan Panen Raya Cabai, Dihadiri Bupati Fadeli

    Lamongan – Sukses besar dirasakan para petani cabai asal kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan, mereka bisa merasakan panen raya cabai. Hal ini menarik perhatian pemerintah Kabupaten Lamongan, bahkan Bupati Lamongan Fadeli ikut merasakan panen raya cabai di Desa Sukorame, Rabu (28/11/2018).

    Dalam sambutannya, Fadeli mengaku takjub dengan ketelatenan petani Sukorame. Sehingga ketika daerah pertanian lain belum bisa berproduksi, petani Sukorame masih bisa panen cabai besar. Terlebih pemerintah saat ini memang sedang mendorong petani untuk membudidayakan hortikultura seperti cabai. Karena komoditas ini bisa menjadi penahan laju inflasi di daerah.

    Petani cabai menikmati panen raya atas keberhasilan meraup sukses
    Petani cabai menikmati panen raya atas keberhasilan meraup sukses

    “Melalui panen raya ini, kami berharap dari apa yang sudah dirasakan masyarakat Sukorame menjadi motivasi daerah lain, sehingga perekonomian dan kesejahteraan para petani bisa semakin baik” tutur Fadeli

    Terkait tengkulak yang terkadang meminta cabai yang masih berwarna hijau ke petani, menurut dia itu tidak masalah. Karena petani masih tetap mendapatkan keuntungan.

    Dalam kondisi hijau, cabai besar dari petani dihargai Rp 11 ribu perkilogram. Sedangkan jika dalam kondisi merah, harganya bisa mencapai Rp 16 ribu perkilogram. Namun, dengan memanen cabai besar dalam kondisi hijau, petani bisa menambah intensitas panen. Karena untuk cabai bisa sampai berwarna merah, dibutuhkan waktu satu bulan.

    Budidaya cabai besar ini berpeluang meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan produktivitas 1,5 ton perhektare, harga Rp 11 ribu perkilogram untuk cabai besar hijau dan bisa dipanen hingga sepuluh kali, maka omzet petani dalam setiap hektarnya bisa mencapai Rp 165 juta. (rin/bis)

    Editor : Nakula

    Redaktur : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan