Sabtu, 13 April 2024
27 C
Surabaya
More
    Pemprov Jatim Tingkatkan Kerjasama dengan SIF bidang Pendidikan

    Pemprov Jatim Tingkatkan Kerjasama dengan SIF bidang Pendidikan

    Singapore – Pemerintah provinsi Jawa Timur akan terus mengembangkan program kerjasama dengan Singapore Internasional Foundation (SIF), sebuah lembaga internasional yang selama ini sudah menjadi mitra kerjanya dan tercatat resmi di KBRI di Singapore.

    Kunjungan tersebut dimaksutkan adalah pembahasan dan evaluasi kerjasama yang sedang dilakukan antara Pemptov Jawa Timur dengan SIF.

    Selain itu juga penjajagan dan diskusi dibidang pendidikan. pemprov Jawa Timur memiliki perhatian dalam mengembangkan pendidikan inklusi dan pendidikan vokasi.

    Delegasi Jawa Timur yang menyertai kunjungan ke Singapore diantaranya Kasubag Monitoring dan Evaluasi Biro Humas Pemprov Jatim Henny Fitriyani, SH, MSi, Kasubag Administrasi kerjasama luar negeri Deidy Setyawan S.Sos,MMP, staf subag administrasi kerjasama Biro Humas & Protokol Shinta Yudhistira, S.Hub Int.

    Kasi Kelembagaan dan Pendidikan bidang pembinaan pendidikan SMA Diknas Provinsi Dra. anny Saulani,MSI dan Ida Tri Wulandari,SH,ME, Kasubag pendidikan dan Pemerintahan Bappeprov. Jawa Timur.

    Kerjasama dengan SIF telah dimulai sejak 1995. Beberapa program yang sudah di jalankan di Jawa Timur diantaranya memberikan akses air bersih berupa pemberian 150 alat penjernih air di Lamongan.

    Selain itu juga memberikan pelatihan tentang hidup sehat bagi warga desa di Kabupaten Lamongan, serta memberikam pelatihan tentang menejement pengelolaan air bagi staf Dinas PU Cipta Karya Kab. Lamongan.

    Dibidang kesehatan SIF pada tahun 2016/2018 bekerjasama dengan RS Jiwa Dr Rajimin Wediodiningrat dan RS Jiwa Menur, dalam pelaksanaan program peningkatan kapasitas profesional kesehatan dalam pelayanan psikiartri anak dan remaja.

    Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan dan workshop bagi perawat, terapis, dokter , psikolog dan psikiater

    Dikatakan oleh Deidy Setyawan SIF juga melakukan program peningkatan pelayanan kegawatdaruratan anak dan bayi baru lahir. Program ini dikerjasamakan dengan RSU Haji Surabaya.

    Dari hasil monitoring dan evaluasi, dirasa kerjasama dengan SIF ternyata banyak manfaatnya terutama peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lantaran program ini tampa pembiayaan dari APBD.

    Hari ini delegasi Pemprov Jatim akan mengunjungi Dignity Kitchen merupakan tempat yg memberikan pelatihan memasak bagi orang dengan ABK (berkebutuhan khusus) . (min)

    Reporter : Amin Istighfarin

    Editor : Nakula

    Redaktur : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan