Rabu, 24 April 2024
26 C
Surabaya
More
    NusantaraMenko PMK Muhadjir Effendy Tinjau Progres Penataan Kawasan Medan Belawan Bahari

    Menko PMK Muhadjir Effendy Tinjau Progres Penataan Kawasan Medan Belawan Bahari

    MEDAN (Wartatransparansi.com) – Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama kawasan ini bisa menjadi daerah yang nyaman, sehat, dan menginspirasi bagaimana pemerintah menyelesaikan kemiskinan ekstrem terutama di wilayah-wilayah kumuh.” Ata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

    Hal itu disampaikan saat melakukan peninjauan penataan Kawasan Medan Belawan Bahari, Kota Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (17/02/2024).

    Belawan Bahari merupakan kawasan miskin ekstrem yang ada di Kota Medan. Kawasan ini merupakan wilayah yang sering kali terendam banjir rob saat air laut pasang. Kemudian, Kawasan Belawan Bahari juga memiliki permasalahan lingkungan yang cukup buruk seperti banyaknya sampah, kurangnya drainase, air bersih dan banyak rumah tidak layak huni

    Baca juga :  Khofifah Ajak Perempuan Pupuk Spirit Kejuangan Kartini Wujudkan Emansipasi Secara Kualitatif

    “Ini Kampung Belawan merupakan wilayah Kota Medan yang memang menjadi salah satu program penanganan daerah kumuh kemiskinan ekstrem dengan pendekatan lingkungan yang merupakan salah satu program prioritas pemerintah,” ujar Menko Muhadjir.

    Pemerintah melalui Kementerian PUPR bersama berbagai instansi terkait melakukan penataan ulang kawasan Belawan Bahari dengan menggunakan roadmap pembangunan menyeluruh dan jangka panjang.

    Upaya telah dilakukan oleh Kementerian PUPR, yaitu dengan melakukan pengerjaan saluran drainase, normalisasi saluran pipa, konstruksi air bersih dengan reservois glass steel, pembangunan jalan lingkungan, ruang terbuka publik, lokasi penjemuran ikan, termasuk juga pembangunan rumah tidak layak huni yang amblas terkena rob.

    Selain itu, Kementerian PUPR juga berencana membangun rumah susun untuk menjadi kawasan rumah layak huni untuk warga Kawasan Belawan Bahari. Kemudian, untuk penanganan banjir rob, juga dibangun 7 pintu air yang akan mengalirkan air rob supaya tidak menggenangi pemukiman warga.

    Baca juga :  Menko Muadjir:  Pemerintah Segera Relokasi Pemukiman Korban Longsor di Tana Toraja 

    “Dari pemaparan pihak Kementerian PUPR, pembangunan kawasan Belawan Bahari ini masih sekitar 30 persen, dan masih perlu waktu. Tapi InsyaAllah 2024 ini akan kita tuntaskan,” ucap Menko PMK.

    Muhadjir juga berharap dengan adanya penataan pembangunan Kawasan Belawan Bahari dapat mengentaskan kemiskinan ekstrem yang ada di Sumatera Utara.

    Menurutnya, selain dengan skema mengurangi beban pengeluaran, peningkatan pendapatan, pembangunan wilayah ekosistem pesisir juga menjadi cara untuk menangani kemiskinan ekstrem. (*)

    Reporter : Anwar HD

    Sumber : Wartatransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan