Kamis, 22 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    HeadlineJelang Tutup Tahun 2023, Gubernur Tinjau Pasar Lama Krian, Bahan Pokok Aman...

    Jelang Tutup Tahun 2023, Gubernur Tinjau Pasar Lama Krian, Bahan Pokok Aman dan Cenderung Turun

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok di Jawa Timur dengan meninjau Pasar Krian Lama, Kab. Sidoarjo, Jumat (29/12).

    Peninjauan ini penting dilakukan untuk memastikan stok bahan pokok serta kesesuaian harga bahan pokok dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan. Mengingat masyarakat akan menghadapi akhir tahun 2023 dan menyambut awal tahun 2024.

    Dalam kesempatan tersebut, Khofifah mendapatkan temuan bahwa bahan pokok di Pasar Krian Lama cenderung lebih rendah dengan HET dan relatif stabil.

    Sembako yang paling mendasar adalah beras. Beras harganya stabil di sini. Telur dan daging ayam cenderung turun. Begitu juga dengan daging sapi, cenderung stabil ke arah turun, katanya.

    Baca juga :  Pj Gubernur Adhy Karyono Minta ASN Wujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak

    Bahan pokok di Pasar Krian Lama yang berada di bawah HET antara lain daging sapi seharga Rp. 100.000/Kg dengan HET Rp. 140.000, daging ayam ras Rp. 32.000/Kg dengan HET Rp. 36.750/Kg, telur ayam ras Rp. 25.000/Kg dengan HET Rp. 27.000, dan bawang merah seharga Rp. 33.000/Kg dengan HET di kisaran Rp. 36.500 – 41.500. Sementara itu, beras medium dihargai Rp. 11.000/Kg, hanya berbeda Rp 100 dengan HET Rp. 10.900.

    "Insya Allah semua stabil dan bahkan cenderung turun. Termasuk gula dan cabe merah. Yang mengalami sedikit kenaikan adalah minyak. Yang biasanya merk fortune Rp 17.000/liter, sekarang jadi Rp 17.800/liter, katanya.

    Untuk itu, Khofifah yakin, kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi saat momen perayaan akhir tahun dan awal tahun. Sebab, ketersediaan bahan di Jawa Timur sudah sangat cukup.

    Baca juga :  Hadi Tjahjanto Ungkap Dua Prioritas Kerjanya Sebagai Menko Polhukam

    Insya Allah menjelang tahun baru ini kebutuhan-kebutuhan masyarakat terkait dengan logistik rumah tangga semua tercukupi. Karena stok kita sangat aman , distribusi aman dan harga pasar stabil bahkan cenderung turun,katanya.

    Saya harap, semua bahagia. Kita mengakhiri tahun 2023 dan mengawali 2024 dengan happy. Jadi semua terkawal dengan aman, damai, harga sembako terjangkau masyarakat, dan distribusinya aman, pungkas Khofifah.

    Sembari meninjau, mantan Menteri Sosial RI itu juga menyempatkan diri membeli mangga, daging, melon, manggis, buah naga, rambutan, pepaya, apel, dan kebutuhan logistik lain dari para pedagang.

    Tak lupa, dirinya membagikan paket sembako kepada sekitar 300 penjual dan masyarakat sekitar. Dirinya bahkan juga membagikan paket serupa kepada lebih dari 30 tukang becak di Pasar Krian Lama. (*)

    Reporter : Amin Istighfarin

    Editor : Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan