Kamis, 22 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoPolres Mojokerto Satukan 2 Perguruan Silat Beda Aliran Ciptakan Suasana Damai

    Polres Mojokerto Satukan 2 Perguruan Silat Beda Aliran Ciptakan Suasana Damai

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) –  Polsek Pacet Polres Mojokerto merangkul 2 perguruan silat beda aliran di Desa Bendunganjati Kec. Pacet dengan mendatangkan masing-masing pimpinan dan pengurusnya. Upaya ini mempererat kedua perguruan silat agar saling mengargai dan ikut terlibat menciptakan suasana yang aman, nyaman dan damai di wilayah desa dan kecamatan Pacet.

    Kapolsek Pacet Iptu Agus Setiawan bersama Camat dan Danramil Pacet sengaja mengundang 2 pimpinan dan pengurus perguruan silat di Desa Bendungan jati ke balai desa setempat. Karena sebelumnya mendapat informasi terjadi gesekan kecil antar anggota kedua perguruan silat tersebut.

    “Berawal dari informasi terjadi gesekan antar anggota kedua perguruan silat yang beda aliran, kami langsung mengumpulkan pengurus kedua perguruan tersebut di Desa setempat untuk mencari akar penyebabnya,”jelas Kapolsek Pacet, Agus Setiawan didampingi Danramil dan Camat Pacet, Kamis (27/12/2023) petang.

    Baca juga :  Bupati Ikfina Ajak Pelajar Bijak Pada Dunia Digital

    Setelah mereka berkumpul dibalai desa memang ada terjadi kesalahpahaman diantara kedua perguruan sliat tersebut. Agar permasalahan kesalahpahaman ini tidak sampai melebar, maka kedua pimpinan dan pengurusnya dengan disaksikan muspika Pacet, menjalin aksi damai.

    Pada kesempatan itu, lanjut Kapolsek Pacet, pihaknya juga meminta kedua perguruan silat meski berbeda aliran dilibatkan untuk bersama-sama menjaga keamanan di desanya sekaligus ikut menciptakan suasana damai.

    “Dengan kemampuan dan pengetahuan yang kita milik, mari kita manfaatkan untuk melindungi masyrakat dengan menjaga keamanan yang memberi nuangsa yang sejuk dan damai, pada desa yang kita tempati ini dan lebih luasnya untuk wilayah Kec. Pacet,” harap Kapolsek Pacet.

    Secara terpisah Kapolres Mojokerto AKBP Wahyudi menjelaskan bahwa pihaknya telah menginstruksikan pada jajaran polsek yang menyebar dipelosok desa agar cepat tanggap dan cepat merespon setiap menerima informasi sekecil apapun dari masyarakat.

    Baca juga :  Percepat Pencairan Bupati Ikfina Launching Kartu Kredit Daerah

    “Sekecil dan sepeting apapun adanya informasi dari masyarakat, harus ditindaklanjuti dengan cermat, sehingga tidak sampai menyulut dan menimbulkan masalah yang besar,” pinta Kapolres Pada jajaran Polsek di Polres Mojokerto.

    Seperti upaya yang dilakukan anggota Polsek Pacet, itu merupakan pencegahan dini yang harus dilakukan dengan sigap. Karena jika tidak secepatnya dituntaskan, kemudian diabaikan karena dianggap masalah kecil, bisa memunculkan masalah besar dan merepotkan.

    “Saya salut dan patut diterapkan disemua jajaran polsek di Polres Mojokerto atas tindakan tegas Kapolsek Pacet dan anggota serta Muspika Pacet cepat tanggap mengantisipasi permasalahan yang terkait dengan mssa,” tukas Kapolres Mojokerto. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan