Jumat, 24 Mei 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriDi Kediri, Puluhan Ibu ibu Antusias Ikuti Pelatihan  Membuat Sabun Cuci

    Di Kediri, Puluhan Ibu ibu Antusias Ikuti Pelatihan  Membuat Sabun Cuci

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Sebanyak 50 ibu rumah tangga di Kecamatan Gampeng Rejo Kabupaten Kediri mengikuti pelatihan pembuatan sabun cuci baju.

    Pelatihan digelar relawan Bolone Mase Minggu 12 November 2023. Sebagai upaya bakti Gibran Rakabuming Raka kepada negeri. Melalui keterampilan yang diperoleh tersebut, sejumlah Ibu-ibu dapat memulai usaha industri rumahan.

    Selain memperoleh pelatihan membuat sabun cuci baju, oleh panitia pelaksana juga diberikan sembako kepada peserta.

    ” Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan ibu ibu tentang pembuatan sabun cuci baju dan nantinya diharapkan bisa mengembangkan di desanya masing masing,”ucap Korcam bolone mase Kecamatan Gampeng Rejo Kabupaten Kediri, Irfan.

    Menurutnya, pelatihan pembuatan sabun ini sangat mudah dan bisa menjadi produk rumahan. Dimana kata dia bahan baku pembuatan sabun cuci baju sangat mudah didapatkan terdiri dari bahan utama dari campuran minyak atau lemak.

    Baca juga :  Lindungi Hak Tanah, Bupati Kediri Ingatkan Warga agar Sertifikat Tanah Tidak Boleh Dijadikan Agunan ke Rentenir

    Namun, kunci penting dalam cara membuat sabun yaitu memperhatikan setiap bahan yang terkandung di dalamnya. Untuk itu ia mendatangkan pakar ahli untuk memberikan pengetahuan cara membuat sabun kepada Ibu-ibu.

    ” Bahan-bahan tersebut bisa berasal dari bahan nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dll. Beberapa bahan kimia yang aman untuk digunakan, seperti natrium sulfat, camperlane, asam sitrat, dan propilen glikol,” imbuhnya.

    Lebih lanjut, Irfan menyatakan program ini dapat mempercepat harapan Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

    ” Kami melihat ini sangat menjanjikan. Sehingga harapan Mas Gibran dapat terealisasikan untuk meningkatkan perekonomian pelaku-pelaku UMKM,” urainya.

    Melalui dorongannya, Gibran Rakabuming Raka ingin menciptakan peluang bagi UMKM di Indonesia secara luas.
    Maka, program ini dapat menjadi bukti bahwa para ibu rumah tangga bisa lebih kreatif dalam menambah pendapatan ekonomi keluarga.

    Baca juga :  Bupati Mas Dhito: Butuh Alat Bantu Mobilitas Disabilitas, Warga Bisa Usul ke Pemkab Kediri

    “Kami mengenal Mas Gibran saat, beliau menjadi Walikota Solo. Sosonya adalah penggerak perekonomian di Indonesia khususnya UMKM. Jadi pelatihan ini tidak cukup hanya sampai disini saja, harapannya agar ibu-ibu dapat berkontribusi secara langsung terhadap perekonomian keluarganya,”ungkapnya. (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan