Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSinden Gen Z Kupas Makna Sumpah Pemuda

    Sinden Gen Z Kupas Makna Sumpah Pemuda

    SURABAYA (Warta Transparansi.com) – Podcast Judes merupakan program Channel YouTube Judes Indonesia. Angelica Joe sebagai Sinden Gen Z telah diundang untuk mengobrol soal peran pemuda-pemudi menjaga serta melestarikan budaya tradisional menyongsong momen Hari Sumpah Pemuda, pada Sabtu (27-10-2023).

    Hal ini merupakan peduli Judes Indonesia terhadap budaya warisan leluhur, yang semakin hari kian tergerus oleh perkembangan zaman (modernisasi).

    Perempuan 21 tahun itu, terlihat elegan ketika mengenakan Kebaya berwarna merah khas budaya Jawa. Penuh ceria sesekali malantunkan tembang – tembang Jawa. Kecantikannya l membuat host terkesima Dan sedikit grogi.

    “Tadi saya sempat terkesima melihat anda ini, sehingga salah sedikit menyebut nama,” terang Trisna ‘Lulung’ selaku Host Podcast Judes.

    Baca juga :  Progres Capai 43 Persen, RSUD Surabaya Timur Beroperasi September 2024

    Host yang akrab disapa Lulung ini ingin mengetahui pendapat Angel bagaimana memaknai Sumpah Pemuda di era modern ini.

    “Apa makna dari Sumpah Pemuda bagi Gen Z?” tanya Lulung.

    Menurut Angel, momen Sumpah Pemuda adalah waktu yang tepat bagi generasi masa depan bangsa untuk merefresh bagaimana perjuangan pemuda-pemudi dari berbagai suku terdahulu dalam mendeklarasikan satu bangsa Indonesia.

    “Karena zaman-zaman sekarang gampang banget isu intoleransi itu digaungkan,” kata Angel.

    Trisna melanjutkan pertanyaan dari rasa penasarannya. Karena didalam era digital malah Angel tertarik mempelajari Sinden.

    Ketertarikan Angel Nyinden itu muncul karena sejak kecil dirinya sering melihat dan mendengarkan sang ibu melantunkan lagu Jawa. Dan darah seni dari Ibu yang menghantarnya menjadi Sinden Gen Z.

    Baca juga :  Kurang Puas Penataan Kota Lama, Eri Minta Perbaikan

    “Akhirnya aku suka niru-niruin (menirukan). Sampai akhirnya aku ikut lomba-lomba karaoke lagu Jawa-Indonesia. Karena memang aku suka nyanyi,” katanya.

    Obrolan 32 menit itu berjalan santai, menarik dan ganyeng. Hingga Angel membawakan sebuah tembang Mocopat tentang pesan untuk para pemuda.

    Terakhir, Angel memberi pesan pada kalayak muda untuk mencintai dan merawat budaya warisan leluhur. Budaya Nusantara lebih maju pada jamannya.

    “Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan budaya-budaya daerah masing-masing. Jadi, teman-teman yuk bareng-bareng kita majukan Indonesia melalui budaya,” pungkasnya. (*)

    Reporter : Sumardji

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan