Rabu, 17 April 2024
27 C
Surabaya
More
    NasionalAirlangga Temui Mahasiswa se Bandung, Bicara Bonus Demografi 203

    Airlangga Temui Mahasiswa se Bandung, Bicara Bonus Demografi 203

    JAKARTA (Wartatransparansi.com) – Indonesia menjadi negara pringkat kedua didunia dalam penanganan Pandemi Covid-19. Meski begitu, pencabutan pendemi menjadi endimi per tanggal 21 Juni 2023 oleh Presiden Joko Widodo tetap dilakukan dengan hati hati. Ungkap Menko bidang Perekonomia Airlangga Hartarto di Bandung.

    Indonesia harus memanfaatkan bonus demografi seoptimal mungkin agar mampu keluar dari middle income trap. Tujuan akhirnya yakni menempatkan Indonesia di lima besar negara dengan PDB terbesar di dunia, sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045.

    Berbicara dalam kuliah umum di Unpar (Universitas Katolik Parahyangan) Bandung, Airlangga menegaskan menghadapi bonus demografi pada tahun 2035 hendaknya tidak dilihat sebuah ancaman, malah sebaliknya, kesempatan. kata Menko, di kutip dari rilis Kemenko, Sabtu

    Baca juga :  Menko Muhadjir Cek Kesiapan Arus Balik di Sejumlah Titik Penyeberangan

    “Indonesia perlu memiliki pendapatan per kapita sebesar USD12,000-USD13,000 di tahun 2035 mendatang. Kesempatan bonus demografi hanya datang sekali dalam satu peradaban sebuah negara, makanya harus kita manfaatkan dengan baik,” jelas Menko Airlangga.

    Kegiatan PSN Goes to Campus yang diadakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Sewindu PSN yang telah digelar sejak dua bulan yang lalu.

    Berbagai proyek dan program strategis nasional telah disusun secara komprehensif oleh Pemerintah guna mendukung kebijakan transformasi ekonomi nasional melalui pembangunan beragam infrastruktur.

    Dari total 222 proyek/program, sebanyak 156 PSN telah berhasil dioperasikan dalam 8 tahun terakhir dengan investasi mencapai Rp1.080,2 triliun.

    Di wilayah Jawa Barat sendiri terdapat sejumlah PSN dengan nilai Rp392,45 triliun yakni di wilayah Jawa Barat Selatan dan Rebana yang diarahkan untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi Provinsi Jawa Barat.

    Baca juga :  Menko Muhadjir Cek Kesiapan Arus Balik di Sejumlah Titik Penyeberangan

    Kegiatan yang berlangsung dalam suasana yang sangat cair dan interaktif tersebut, ditutup Menko Airlangga dengan kembali melemparkan pantun yang menginspirasi bagi para mahasiswa yang hadir.

    Rangkaian kegiatan Sewindu PSN ini akan dilanjutkan dengan pelaksanaan PSN Edutainment Expo yang terbuka untuk umum, international conference dengan tema Sustainable Infrastructure Towards Indonesia Emas 2045, dan Investment Business Forum yang akan mengundang investor dari dalam dan luar negeri untuk melihat secara langsung PSN di Indonesia. (*)

    Reporter : Syarifuddin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan