Minggu, 5 Februari 2023
25 C
Surabaya
More
    OlahragaPemain Naturalisasi Shayne Pattynama Besok Disumpah Jadi WNI

    Pemain Naturalisasi Shayne Pattynama Besok Disumpah Jadi WNI

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Shayne Pattynama tiba di Jakarta pada Senin (23/1/2023) malam WIB untuk mengikuti sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1/2023) besok.

    Lewat akun Instagramnya, @s.pattynama, Shayne Pattynama telah terbang dari Amsterdam Schiphol Airport, Belanda pada Minggu (22/1/2023) malam waktu setempat. Dilihat dari stories-nya, Shayne Pattynama menaiki pesawat Malaysia Airlines tujuan Jakarta via Kuala Lumpur, Malaysia.

    Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengabarkan bahwa Shayne Pattynama bakal resmi menjadi WNI pada Selasa (24/1/2023) setelah Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres). Bek kelahiran Lelystad, Belanda itu diambil sumpah hingga janji setia kewarganegaraan RI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta.

    Baca juga :  Berhentikan Rahmad Darmawan, Rans Nusantara FC Datangkan Pelatih Brasil

    Shayne Pattymana menyusul dua pemain keturunan lainnya, Sandy Walsh dan Jordi Amat yang telah lebih dulu dinaturalisasi pada November 2023. “Terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Presiden Jokowi yang pada telah menandatangani Keppres naturalisasi Shayne,” ujar Iriawan di akun Instagramnya, @mochamadiriawan84 beberapa waktu lalu.

    “Juga kepada empat kementerian, yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kemenkumham, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Dalam Negeri. Juga pihak terkait lainnya yang telah mengawal perjuangan Shayne untuk mewujudkan cita-citanya membela Timnas Indonesia,” tutur pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

    Belum diketahui apakah Shayne Pattymana perlu berpindah asosiasi di FIFA dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI mengingat ia belum pernah membela Timnas Belanda sejak level usia.

    Baca juga :  Shin Tae-yong Kecewa Ronaldo dan Marselino ke Luar Negeri Tanpa Laporan

    Shayne Pattynama kemungkinan sudah bisa membela Timnas Indonesia dalam periode FIFA Matchday terdekat pada 20-28 Maret 2023. “Semoga proses pengucapan sumpah nanti bisa berjalan lancar. Tentu saja saya dan masyarakat sepak bola Indonesia berharap bisa menyaksikan Shayne berseragam merah-putih, dan berjuang bersama pemain lainnya untuk membawa Timnas Indonesia berprestasi di kancah internasional. Amin,” imbuh Iriawan. Sebelumnya, sudah ada Jordi Amat dan Shandy Walsh yang telah dinaturalisasi pada November 2022. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan