Jumat, 26 Juli 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaPerbasasi Jatim Akan Gelar Seleksi Persiapan Pra PON XXI

    Perbasasi Jatim Akan Gelar Seleksi Persiapan Pra PON XXI

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jatim Akan Gelar Seleksi Akhir Pembentukan Tim Prakualifikasi PON XXI di Sumut dan Aceh tahun 2024 mendatang. Seleksi dilaksanakan di lapangan Dharmawangsa pada bulan Januari 2023 ini.

    Angga Kristya Wysnuwardhana Sekretaris Umum Pengprov Perbasasi Jatim, mengatakan seleksi akhir tersebut akan dilaksanakan pada bulan Januari ini. “Seleksi ini untuk pembentukan tim Pra PON putra dan putri,” ucapnya.

    Angga menjelaskan jika total atlet yang berkesempatan mengikuti seleksi Pra PON tersebut, yakni sebanyak 55 atlet. “Untuk yang atlet softball putra ada 30 orang, sedangkan yang putri total ada 25 orang,” ujarnya.

    Dari hasil seleksi tersebut, ia mengungkapkan bahwa Perbasasi Jatim akan mengambil maksimal 20 orang yang bisa melanjutkan ke tahap persiapan, untuk menatap Pra PON. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa sebagian besar atlet yang masuk dalam radar seleksi merupakan atlet yang potensial.

    Baca juga :  Etape 3 Kuras Tenaga Sejauh 175,3 KM

    Karena, lanjut Angga, di antara mereka banyak yang sudah pernah ikut kejuaraan yang sama, yakni Pra PON pada tahun 2019. “Jadi, mereka sudah punya pengalaman. Ini kalau mereka lolos, berarti ini Pra PON yang kedua untuk mereka, karena dalam pertandingan softball ini U-23,” ucapnya.

    Rencananya, seleksi yang digelar pada bulan ini, hasilnya akan segera dikabarkan paling lama dua minggu setelah tuntas menjalani seleksi.

    Terakhir, Angga berharap adanya seleksi tahap akhir itu, Perbasasi Jatim mendapatkan atlet yang terbaik dan dapat menorehkan prestasi di Pra PON mendatang.

    Seperti diketahui pada PON XX tahun 2021 lalu, tuan rumah Provinsi Papua berhasil tampil sebagai juara cabang olahraga Softball beregu putri dengan meraih medali emas. Dalam partai grand final, provinsi Papua berhasil mengalahkan provinsi Sulawesi Tenggara dengan skor 7-6. Provinsi Sulawesi Tenggara harus puas sebagai runner-up dengan raihan medali perak. Di urutan ketiga adalah provinsi Papua Barat yang meraih medali perunggu.

    Baca juga :  Waketum PB ISSI Lepas Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

    Sementara itu, provinsi Lampung berhasil tampil sebagai juara untuk beregu putra dengan meraih medali emas. Dalam partai grand final, provinsi Lampung berhasil mengalahkan provinsi DKI Jakarta dengan skor 7-3. Provinsi DKI Jakarta harus puas sebagai runner-up dengan raihan medali perak. Di urutan ketiga adalah tuan rumah provinsi Papua yang meraih medali perunggu. (sr)

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan