Jumat, 26 Juli 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaPSSI Bakal Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

    PSSI Bakal Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Melihat kinerja, performa, dan masukan dari nitizen selama memimpin tim U-19, U-23 dan senior, PSSI bakal memperpanjang kontrak Shin Tae-yong (STY). Meskipun kontrak pelatih asal Korea Selatan ini sejatinya baru akan habis setelah berakhirnya Piala Dunia U-2O pada 2023.

    “Tapi, saya sebagai Ketua Umum PSSI dan tentu sudah berkoordinasi dengan Exco akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Kita juga melihat di mana-mana desakan dari netizen agar STY diperpanjang juga menguat,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

    Selama menangani tim Indonesia dari beberapa level usia, STY sudah meloloskan timnas Indonesia senior lolos ke Piala Asia 2023 dan tim U-20 ke Piala Asia 2023. “Atas dasar itu, tentu selain melihat performa tim, PSSI akan memperpanjang kontrak yang bersangkutan. Untuk berapa tahun kontrak diperpanjang, kita akan diskusikan lebih lanjut.

    Baca juga :  Etape 3 Kuras Tenaga Sejauh 175,3 KM

    Seperti diketahui, kontrak Shin Tae-yong di skuad Garuda memang sedang dalam perbincangan publik. Tak sedikit pencinta sepakbola Tanah Air mendesak agar PSSI segera memperbaharui kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Terlebih, kontrak pelatih asal Korea Selatan itu akan usai pada 2023.

    Padahal saat ini, prestasi Timnas Indonesia sedang meningkat pesat usai kedatangan Shin Tae-yong. Ia berhasil membuat skema terbaik di Timnas Indonesia dari semua kelompok usia, mulai dari U-19, U-23, hingga senior.

    Kehadiran Shin memang cukup positif. Oleh karena itu, Timnas Indonesia masih membutuhkan jasa pelatih itu. “Atas dasar itu, tentu selain melihat performa tim, PSSI akan memperpanjang kontrak yang bersangkutan,” ujarnya.

    Baca juga :  Waketum PB ISSI Lepas Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

    Sementara itu, Shin Tae-yong sendiri tengah disibukkan sejumlah agenda padat bersama Timnas Indonesia. Terdekat ia harus mempersiapkan Timnas Indonesia senior kembali berjumpa Curacao di FIFA Matchday pada Selasa 27 September 2022 mendatang.

    Selain itu, Shin Tae-yong juga punya pekerjaan rumah untuk persiapan Piala Asia 2023, baik level U-20 maupun senior. Belum lagi agenda Piala Dunia U-20 2023, yang berlangsung di Indonesia.

    Saat ini, pencinta sepak bola Tanah Air merasakan betul perkembangan positif Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin. Sebagai informasi, pelatih asal Korea Selatan itu ditunjuk menangani tiga Timnas Indonesia sekaligus, yakni U-19, U-23, dan senior.  Coach Shin dengan berani memotong generasi skuad Timnas Indonesia dengan mengorbitkan banyak pemain muda. Hasilnya, Timnas Indonesia mampu meraih runner-up Piala AFF 2020 dan lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

    Baca juga :  Pembalap Jepang Raja Etape 3, Forkopimda Sambut Tour de Banyuwangi Ijen di Garis Finish

    Kinerja Ratu Tisha selaku mantan Sekretaris Jenderal PSSI (Sekjen PSSI) memiliki andil besar di balik perekrutan Shin. Perempuan berusia 36 tahun itu sukses membujuk Shin agar bersedia menjadi juru taktik Skuad Garuda. Pendekatan Ratu Tisha pun akhirnya membuahkan hasil. Shin meneken kontrak dengan PSSI pada Desember 2019. Juru taktik berusia 51 tahun itu dikontrak selama empat tahun hingga Desember 2023. (sr)

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan