Minggu, 2 Oktober 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSambangi Kampung Nelayan Nambangan, Eri Cangkruk di Warkop

    Sambangi Kampung Nelayan Nambangan, Eri Cangkruk di Warkop

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sambangi warga kampung nelayan Nambangan Perak, di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kamis (30/12/2021). Sambil cangkruk di sebuah warkop, Eri juga terlibat diskusi kecil dan mendengar keluhan warganya.

    Di perkampungan padat penduduk itu, Eri juga sempat meninjau perbaikan rumah warga yang atapnya rusak akibat diterjang angin kencang serta hujan beberapa hari lalu.

    Dari situ, Eri berdiskusi dengan camat dan lurah setempat. Yang dibahas, antaranya menyangkut kesejahteraan warga di kawasan pesisir Nambangan, mulai soal subsidi solar, pemberdayaan istri nelayan dan bantuan perahu untuk nelayan.

    “Ayo pak lurah, pak camat didata siapa saja yang profesinya sebagai nelayan. Yang punya perahu berapa, yang nggak punya perahu berapa orang. Itu didata,” kata Eri.

    Baca juga :  LaNyalla Ingatkan Pemerintah soal Mafia Tanah dan Reforma Agraria

    Ia mengatakan, pendataan tersebut penting, agar warga yang mendapatkan intervensi dari Pemerintah Kota Surabaya tepat sasaran. Di tahun 2022, dia menjelaskan, fokus pada pemulihan ekonomi dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kota Pahlawan.

    “Jangan sampai nanti subsidinya itu keliru. Kesejahteraannya nelayan harus jadi satu, maka dari itu, ini tugasnya Pak Lurah dan Pak Camat menyatukan datanya biar tepat sasaran. Di tahun 2022 nelayan Nambangan kudu (harus) makmur,” ujarnya.

    Sementara itu, warga Kampung Nelayan Nambangan, Sukron menyambut baik rencana Wali Kota memakmurkan nelayan Nambangan. Oleh karena itu, ia bersama komunitas nelayan setempat akan berkoordinasi dengan camat dan lurah untuk mendata ulang warga Nambangan Perak yang berprofesi sebagai nelayan.

    Baca juga :  Arumi Tekankan Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Antisipasi Kurang Gizi

    Ia berharap, nantinya bantuan yang akan diberikan oleh Pemkot Surabaya kepada warga Nambangan Perak, bisa tepat sasaran. Saat ini, lanjut Sukron, yang paling dibutuhkan oleh nelayan Nambangan Perak adalah bahan bakar minyak (BBM) solar untuk melaut.

    “Pak Wali tadi juga bilang nantinya ada bantuan untuk MBR. Beliau bilang, asalkan datanya valid. Selain itu, tadi Pak Wali juga bilang akan ada bantuan perahu juga, tapi masih menyusul,” ucap Sukron.

    Bukan itu saja, Sukron dan rekan seprofesinya tak lupa menyampaikan usulan agar nelayan Nambangan dibuatkan tanggul pemecah ombak. Menurutnya, hal itu penting agar perahu nelayan aman ketika terjadi angin kencang atau gelombang tinggi.

    Baca juga :  Kejari Tanjung Perak Sinergi dengan BPJS Kesehatan, Jaring Ratusan Perusahaan yang Belum Bayar Iuran JKN KIS

    “Itu yang kami harapkan, karena bencana kan terjadi setiap tahun. Agar tidak ada lagi perahu yang rusak ataupun tenggelam karena cuaca buruk,” harapnya. **

    Editor : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan