Minggu, 17 Oktober 2021
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSerbuan Vaksinasi di 67 Lokasi Upaya Surabaya Kejar Target Herd Immunity

    Serbuan Vaksinasi di 67 Lokasi Upaya Surabaya Kejar Target Herd Immunity

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Pemerintah Kota Surabaya bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jatim, TNI-Polri, bahu-membahu mempercepat tercapainya Herd Immunity di Jawa Timur, termasuk di Kota Surabaya. Serbuan vaksinasi pun terus digencarkan. Bahkan, pada hari ini, Kamis (12/8/2021), ada sebanyak 67 titik lokasi yang tersebar di 31 kecamatan se Surabaya menggelar vaksinasi serentak.

    Di antara 67 titik lokasi itu adalah vaksinasi di Lapangan Thor dan vaksinasi untuk pelajar SMP se Surabaya yang digelar di Islamic Center Surabaya. Serbuan vaksinasi di 67 titik lokasi itu merupakan dosis kedua Sinovac.

    Serbuan vaksinasi massal di Lapangan Thor itu juga ditinjau langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto yang didampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan.

    Baca juga :  Tersisa 4 Kabupaten/Kota Level 2, Selebihnya Level 1

    Eri mengatakan serbuan vaksinasi massal secara serentak di 67 titik lokasi yang tersebar di 31 wilayah kecamatan Surabaya itu merupakan tindak lanjut dari arahan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

    “Jadi, pelaksanaan serbuan vaksinasi yang dilakukan hari ini bisa terlaksana atas arahan dari Bapak Pangdam V/Brawijaya, Bapak Kapolda Jatim, dan Ibu Gubernur Jatim,” kata Eri.



    Ia juga bersyukur atas bantuan dan dukungan yang diberikan oleh Koarmada II, TNI, Polri, Pemprov Jatim, Forkopimda Jatim, dan Forkopimda Surabaya, akhirnya pelaksanaan vaksinasi massal dosis kedua di Kota Surabaya berjalan lancar.

    “Alhamdulillah hari ini kita ada Pangkoarmada II yang memberikan support kepada kami, kepada Forkopimda Kota Surabaya karena awal dulu, dosis satu juga di sini. Vaksin juga dari beliaunya, sehingga dilanjutkan lagi dengan dosis kedua,” ujarnya.

    Baca juga :  Gubernur Khofifah Bagi-Bagi Ratusan Paket Sembako 

    Eri menerangkan, Pemkot Surabaya menyiapkan 218.610 dosis dua vaksin Sinovac. Dengan harapan, masyarakat yang sudah menerima vaksin dosis satu pada rentan 24 Juli – 9 Agustus dapat terpenuhi seluruhnya.

    “Insya Allah, kabarnya Sabtu akan datang lagi, kita akan lakukan lagi di hari berikutnya,” terangnya.

    Ia juga mengungkapkan, saat ini pemkot dan Polrestabes Surabaya tengah menyiapkan sekitar 30 unit mobil yang akan digunakan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi massal.

    Menurutnya, penggunaan mobil ini akan lebih mudah menjangkau kelompok masyarakat difabel dan lansia yang tidak memungkinkan untuk datang langsung ke lokasi vaksinasi.

    “Insya Allah Pak Kapolrestabes punya inovasi, ada mobil, nanti kita akan gabung dengan mobilnya kita, ada sekitar 30 mobil. Nanti ketika ada vaksin pertama untuk lansia, yang kedua nanti untuk difabel yang tidak bisa datang ke tempat vaksinasi. Kita akan datangi dengan mobil yang kita punya,” ungkapnya.

    Baca juga :  Alumni ITB Bantu Ventilator dan Beasiswa Bagi Anak Terdampak Covid-19

    Ia menjelaskan, untuk tercapainya herd immunity di Surabaya Raya, capaian vaksinasi di wilayah aglomerasi yang meliputi Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Lamongan juga harus mencapai 70 persen. Maka dari itu, sesuai dengan arahan dari Bapak Pangdam V/Brawijaya, Bapak Kapolda Jatim, dan Ibu Gubernur Jatim, Pemkot Surabaya akan mengirimkan tenaga kesehatan (nakes) untuk membantu percepatan vaksinasi di wilayah aglomerasi.

    “Nakes kita nanti akan berbagi untuk membantu di Surabaya Raya. Sehingga aglomerasi sesuai arahan Bapak Pangdam V/Brawijaya, Bapak Kapolda Jatim, dan Ibu Gubernur Jatim bisa terbentuk. Sehingga kita Surabaya Raya bisa aman,” jelasnya. **

    Reporter :
    Penulis :
    Editor : Wetly
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan