Sabtu, 20 April 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanStok Beras Di Bulog Ponorogo Melimpah

    Stok Beras Di Bulog Ponorogo Melimpah

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) –   Badan Urusan Logistik (Bulog) adalah lembaga pangan di Indonesia yang mengurusi tata niaga beras.

    Bulog berfungsi Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang manajemen logistik, pengadaan, pengelolaan persediaan, dan distribusi beras, serta pengendalian harga beras.

    Di Cabang Bulog Ponorogo saat ini stok beras melimpah bahkan melebihi target yang telah ditetapkan.Cabang Bulog sendiri saat ini membawahi tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Magetan,Ponorogo dan Pacitan.

    Kepala Cabang Bulog Ponorogo  David Susanto mengatakan jika saat ini stok beras di Perum Bulog Ponorogo melimpah.Saat ini stok beras di gudang mencapai 26.800 ton melebihi target dari yang ditetapkan sebesar 22.000 ton.

    “Stok beras di Bulog Ponorogo melebihi target  yang telah ditentukan,’ungkap David. Dengan melimpahnya stok beras ini dipastikan ketersediaan beras di area Ponorogo dan sekitarnya dipastikan aman.

    Baca juga :  H.Sujatno : ” Kita Kembali Fitrah Dan Bersatu Bersama Membangun Magetan yang Lebih Maju

    Stok Beras Di Bulog Ponorogo Melimpah

    Diprediksi ketersediaan beras ini aman sampai 8 bulan ke depan. Artinya Sampai bulan Juli 2021 dipastikan aman akan kebutuhan beras masyarakat.

    Melimpahnya stok beras ini dapat menjadi tumpuan ketahanan pangan dan kebutuhan beras di wilayah sekitar Ponorogo seperti Magetan Madiun dan Pacitan.

    Apalagi di Kabupaten Ponorogo sendiri banyak penggilingan besar berskala besar. pemain beras medium disini bahkan bisa mensuplai sampai ke daerah luar Jawa

    “Bahkan ada yang mensuplai beras sampai Papua,”Terang David Susanto. Sebagai sentral industri pangan dan tumpuan pangan berskala nasional,beras bulog Ponorogo diminta sampai  luar  pulau Jawa.

    Untuk itu warga Ponorogo dan sekitarnya tidak perlu kawatir akan kekurangan stok pangan terutama beras. Bulog juga kelliling memantau ketersediaan beras di penggilingan penggilingan dan hampir semuanya stok aman dan melimpah.

    Baca juga :  Pemudik Puas Pelayanan Dan Kenyamanan Petugas Pos PAM Lebaran Polres Magetan

    Hal ini juga untuk menjaga mutu dan kualitas beras bulog agar kualitas beras bulog baik dan kepastian titik aman ketersediaan akan kebutuhan beras.Karena diprediksi musim kemarau tahun ini akan lebih panjang dimana petani akan mundur juga dalam menanam padi.

    Hal ini berpengaruh mundur juga masa panen yang akan datang apalagi di bulan Mei ada Hari Raya Idul Fitri. Namun semua itu masyarakat dihimbau tidak panik kekurangan ketersediaan akan beras dan saat ini persediaan beras di bulog dan penggilingan swasta dipastikan melimpah dan aman untuk beberapa bulan ke depan.(Rud/Sal)

    Reporter : Rudy/Faisal

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan