Teks foto: Fabio Quartararo tampil sebagai juara MotoGP Andalusia 2020 di sirkuit Jerez.

Jakarta (WartaTransparansi.com) – Tim pabrikan Yamaha menyapu bersih MotoGP Andalusia 2020  di sirkuit Angel-Nieto, Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/20) malam WIB. Pebalap tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo memenangi balapan disusul dua dari tim Monster Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Pada balapan MotoGP seri kedua yang masih dihelat sirkuit Jerez tersebut, Quartararo yang memegang pole tak tertahankan sejak lap pertama untuk menjaga posisinya itu. Pebalap asal Prancis itu akhirnya muncul sebagai pemenang disusul Vinales dan Rossi. Mereka terlibat duel di dua lap terakhir untuk merebut posisi runner-up.

Dengan tambahan 25 poin, Quartararo kukuh di posisi pertama klasemen MotoGP 2020 dengan 50 poin, unggul 10 angka dari Vinales di posisi kedua dengan 40 poin.

Dalam balapan kali ini, juara dunia tahun lalu, Marc Marquez terpaksa absen setelah menjalani operasi tulang lengan akibat terlibat kecelakaan di sirkuit Jerez, pekan lalu. Pebalap asal Spanyol itu diharapkan bisa kembali turun pada balapan MotoGP Seri III di Republik Ceko 9 Agustus mendatang.

Di Moto2 Andalusia 2020 menjadi milik pebalap Italtrans, Enea Bastianini. Dalam kejuaraan yang juga diikuti  pebalap Indonesia Andi Farid Izdihar tersebut menjadi kemenangan pertamanya di ajang Moto2. Sementara itu Marini harus puas finis di posisi kedua. Adik Valentino Rossi itu gagal mengulangi kemenangannya di Jerez pada akhir pekan sebelumnya.

Namun begitu, tim Sky Racing VR46 mungkin tidak terlalu kecewa karena kesuksesan Bezzecchi finis di urutan ketiga membuat mereka meraih podium ganda. Bahkan, saking senangnya dengan hasil podium ganda, Marini dan Bezzecchi sampai terjatuh dari motornya ketika saling memberi selamat. (sr)