Senin, 24 Januari 2022
31 C
Surabaya
More
    Renungan PagiAda 4 Golongan Muslim Yang Tak Merugi

    Ada 4 Golongan Muslim Yang Tak Merugi

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Dalam bergaul dengan sesama muslim, Allah Subhanahu Wa Ta’ala sudah memberikan aturannya. Pertama, orang-orang muslim itu adalah bersaudara, karena itu hendaknya kita selalu berbaik sangka kepada saudara-saudara kita dan selalu berusaha berbuat baik kepada mereka. Kedua, kita tidak boleh menghina dan menjelek-jelekan orang lain, karena boleh jadi orang yang dihina itu lebih baik daripada diri kita.

    “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”
    (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

    “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”
    (Al Hujurat : 10)

    Dan Pada hakekatnya seorang mukmin itu memang selalu berada di antara kedua posisi, yaitu tenang saat mengingat Allah, namun di saat yang sama, selalu khawatir bahwa dirinya tidak mematuhi aturan-Nya. Karena itulah kita selalu berdo’a untuk memohon ampun kepadaNya.

    Ghibah adalah perkara yang diharamkan sebagaimana dalam firmanNya, Allah telah melarangnya sebagaimana dalam kaidah ushul fikih, bahwa lafadz larangan asalnya menghasilkan hukum haram. Di antara dalil larangan ghibah adalah firman Allah ta’ala:

    “Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak prasangka. Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah kamu mencari kesalahan orang lain dan jangan di antara kalian menggunjing sebagian yang lain. Apakah di antara kalian suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian akan merasa jijik. Bertakwalah kalian pada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang.”
    (Al-Hujurat : 12)

    Dan Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda: “’Tahukah kalian apa itu ghibah?’ Lalu sahabat berkata: ‘Allah dan rasulNya yang lebih tahu’. Rasulullah bersabda: ‘Engkau menyebut saudaramu tentang apa yang dia benci’. Beliau ditanya: ‘Bagaimana pendapatmu jika apa yang aku katakan benar tentang saudaraku?’ Rasulullah bersabda: ‘jika engkau menyebutkan tentang kebenaran saudaramu maka sungguh engkau telah ghibah tentang saudaramu dan jika yang engkau katakan yang sebaliknya maka engkau telah menyebutkan kedustaan tentang saudaramu.’”
    (HR.Muslim 2589)

    Sesungguhnya ada empat golongan orang yang tak merugi, yakni orang yang beriman, orang yang beramal soleh, orang-orang yang saling menasihati dalam kebenaran, dan orang yang menasihati dalam kesabaran.

    “Demi masa.
    Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
    kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”.
    (Al Ashr : 1-3)

    Yaa Robb ijinkan kami untuk istiqamah sholat sunnah utamaMU sholat tahajud dan berbincang denganMU di 1/3 malam. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu memberikan Rahmat dan Hidayat kepada kita, serta mengijabah do’a kita.
    Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan

    Untukmu Para Istri…

    Wahai Para Istri…

    Rahasia Kebahagiaan

    Amanah