Rabu, 17 April 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiITdBI, Etape Pertama Di raih Pembalap Asal Mongolia

    ITdBI, Etape Pertama Di raih Pembalap Asal Mongolia

    BANYUWANGI – Peserta ajang balap sepeda internasional tour de Banyuwangi ijen (ITDBI) 2019 etape pertama dengan jarak tempuh 133,2 km telah dilahap dengan penuh semangat. Pada etape pertama dengan medan masih tergolong normal itu, mereka melalui tanpa insiden, Rabu (25/9/2019).

    Balap sepeda kaliber inter nasional melibatkan hampir 23 negara. Pembalap asal Terengganu INC TSG cycling team, Maral Erdene Batmunkh, mencapai finish paling awal dengan catatan waktu 3 jam 3 menit 36 detik.

    Para pembalap melaju dari RTH Maron, Genteng menuju kantor Pemkab Banyuwangi. Dalam balapan kali ini,Tak ada drama di etape pertama. Sebab, sepuluh pembalap melakukan breakaway dari peleton sejak kilometer ke-20. Kesepuluh pembalap ini tak terkejar oleh rombongan besar.

    Baca juga :  Diaspora Banyuwangi Siap Pasarkan Wisata Blambangan Ke Pentas Dunia

    ITdBI, Etape Pertama Di raih Pembalap Asal Mongolia
    Para pembalap saling intip ketika sudah mendekati garis finish

    Dalam balapan kali ini para pembalap di suguhi tiga titik intermediate sprint,Yakni di Benculuk, dan dua kali di Rogojampi. Selain itu, Ada dua sport tanjakan di Sragi dan Grogol

    Gerombolan sepuluh riders terpecah setelah memasuki tanjakan king of mountain pamungkas di desa Grogol. Rute tanjakan terakhir memang lumayan berat, Jalannya sempit dan curam.

    Medan mulai melandai di dua kilometer menuju finish. Dari sepuluh pembalap, Enam di antaranya mulai memisahkan diri.

    Melalui adu sprint di 100 meter menjelang finish, Batmunkh pembalap dari Negara Mongolia akhirnya merebut posisi terdepan di etape pertama. Dengan mengungguli Robbie Hucker dari ukyo tim dengan catatan waktu 3 jam 3 menit 42 detik dan Jesse Ewart dari cycling Sapura team mecatat waktu 3 jam 3 detik 51 detik.

    Baca juga :  Berakhir Momen Idul Fitri, Layanan Kunjungan di Lapas Banyuwangi Kembali Jadwal Semula

    Juara etape pertama ITDBI 2019 pembalap mongolia yang akrab di panggil Batmunkh memenangi juara klasification dan top sprint memegang jersey yellow dan green. Sedangkan, untuk raja tanjakan diraih Marcos Garcia Fernandez asal Spanyol dari team Kinan Cycling mendapatkan jersey polkadot.

    Sementara juara best Indonesian Rider (jersey merah putih) disabet Selamet Juangga dari Tim KFC.

    Saat jumpa pers seusai pemberian hadiah pembalap Maral Erdene Batmunkh mengatakan Saya senang bisa memenangkan lomba ITDB 2019 di etape pertama

    Di sini cuacanya sangat panas, Berbeda dengan asal negara saya yang bercuaca dingin. Kemenangan di stage pertama ini berkat kerja keras tim. Semoga tiga pertandingan tersisa berikutnya saya dan tim bisa menanginya,” ungkap Batmunkh di depan awak media.

    Baca juga :  Surat Terbuka Untuk Bupati Ipuk : Penjual Omon – Omon Mulai Menjamur Ditengah Pilkada

    Sementara itu, Chairman ITdBI, Guntur Priambodo mengatakan, dari empat etape tahun ini, tiga etape diantaranya rutenya berat. Namun yang paling berat dan menjadi penentu pemenang nanti di etape keempat.

    Karena itu, prediksi saya nanti akan ada pergantian peraih Yellow Jersey, mungkin bisa di etape kedua besok. Namun yang pasti nanti di etape keempat,” ucap Guntur. (Yin)

    Reporter : Nur Muzayyin

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan