Senin, 12 April 2021
26 C
Surabaya
More
    Tak BerkategoriPengamat: Capres Harus Bisa Mempersuasi Masyarakat lLewat Debat

    Pengamat: Capres Harus Bisa Mempersuasi Masyarakat lLewat Debat

    – Pakar dari Pusat Studi Konstitusi (Pusako) FH Universitas Andalas, Feri Amsari mengatakan calon presiden harus memiliki kemampuan untuk melakukan persuasi lewat debat capres.

    “Karena dalam teori hukum tata negara dan ilmu politik, presiden adalah simbol kekuatan untuk mempersuasi orang,” ujar Feri ketika dihubungi Antara di Jakarta, Minggu.

    Kendati demikian Feri menyayangkan persuasi yang akan dilakukan para pasangan calon terhambat dengan adanya kesepakatan untuk tidak membahas kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan kasus secara spesifik di dalam debat.

    “Bagaimana mereka bisa melakukan persuasi kepada masyarakat kalau ternyata hal-hal yang penting untuk diketahui publik kemudian dibatasi,” tambah Feri.

    Baca juga :  Ketua DPD RI Minta Rencana Kenaikan Listrik dan Gas Ditinjau Kembali

    Feri kemudian menilai pengaturan atau format debat yang digagas sedemikian rupa pada akhirnya hanya untuk memuaskan paslon, bukan untuk memuaskan penonton yang notabene adalah masyarakat , yang menginginkan jawaban konkret atas perkara korupsi dan HAM.

    “Jadi dari segi pendekatan gagasan debat dengan apa yang harusnya dilakukan oleh calon presiden itu tidak nyambung, jadi lebih ke faktor drama atau ‘tv show’ saja,” kata Feri.

    Reporter : WartaTransparansi.com
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan