Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Tiga Tim Jatim Tuan Rumah Liga 3 Nasional

    Tiga Tim Jatim Tuan Rumah Liga 3 Nasional

    Surabaya – Sebanyak 12 tim asal Jatim bakal bersaingan dengan daerah lainnya untuk memburu tempat di Liga 2 tahun depan. Mereka masuk 32 besar Liga 3 nasional yang akan dimulai 26 November 2018 mendatang.

    Di antara 12 tim asal Jatim yang lolos ke 32 besar kompetisi yang sebelumnya bernama Liga Nusantara itu, 3 di antaranya diberi kesempatan PSSI sebagai tuan rumah. Ketiganya yakni Persi Kediri, PSBK Blitar dan Persinga Ngawi. Ketiga tim asal Jatim tersebut diharapkan dapat memanfaatkan status sebagai tuan rumah untuk membuka peluang lolos dari penyisihan grup tersebut.

    Sedangkan lima tim dari luar Jatim yang menyandang tuan rumah yakni Bogor FC, Persijap Jepara, PS Badung Bali, PSCS Cilacap, dan PSGC Ciamis. Yang menarik, beberapa tim asal Jatim harus bersaing dengan sesama Jatim lainnya.

    Di Grup F, tuan rumah PSBK Blitar akan menjadi tiga tim lainnya termasuk Persewangi Banyuwangi. Kemudian di Grup G, tuan rumah Persik Kediri menjamu menjamu tiga tim lainnya termasuk Persekam Metro FC Malang. Kemudian di Grup H, tuan rumah Persinga Ngawi yang menjamu tiga tamunya di Stadion Brantas Batu termasuk tim asal Jatim lainnya Persekap Pasuruan

    Sementara 4 tim Jatim yang lolos ke 32 besar nasional melalui jalur Provinsi, harus berjibaku di luar Jatim. Seperti PSID Jombang berada di Grup B bertanding di Cilacap. Kemudian Persem Mojokerto berada di Grup C bertanding di Bogor, Persedikab Kediri berada di Grup D harus ke Badung, Bali. Sementara Persema 1953 Malang berada di Grup E bertanding ke Jepara.

    Persik sendiri mengambil kandang di Stadion Brawijaya Kediri.

    Untuk memenangi jatah tuan rumah sistem home tournament ini, Persik menyisihkan Persekam Metro FC yang menunjuk Stadion Brantas Kota Batu sebagai venue. Juara Liga Indonesia 2003 dan 2006 ini tergabung di Grup G bersama Persekam Metro FC Malang, PSN Ngada (NTT), dan Persitoli Tolikara. Grup ini memperebutkan dua tiket ke putaran perempatfin.

    “Jadi tuan rumah salah satu bentuk keseriusan kami naik lagi ke Liga 2 musim depan. Meski, seusai babak ini masih ada tiga fase lagi hingga final,” kata Beni Kurniawan, manajer Pers

    Sementara PSN Ngada dan Persitoli menjadi wakil dari Asprov NTT dan Papua. “Kami tak boleh meremehkan calon lawan di grup ini. Kami anggap semuanya berat. Dua tim dari daerah timur, NTT dan Papua, punya karakter permainan ngotot,” ucap Beni. (nov)

    Daftar Grup Liga 3 Zona Nasional

    GRUP AGRUP E
    757 KEPRI JAYA

    PERSIBAS BANYUMAS

    PSGC CIAMIS (tuan rumah)

    AS ABADI FC

     

    PERSIJAP JEPARA (tuan rumah)

    PERSEKA KAIMANA

    PERSATU TUBAN

    PERSEMA 1953

     

    GRUP BGRUP F
    PSCS CILACAP (tuan rumah)

    PSBL LANGSA

    SOLOK FC

    PSID JOMBANG

     

    PSBK KOTA BLITAR (tuan rumah)

    PERSEWANGI

    PERSEWAR

    OTP 37 FC

     

    GRUP CGRUP G
    BOGOR FC (tuan rumah)

    PERSIBA BANTUL

    KOTA BARU FC

    PERSEM

     

    PERSEKAM METRO FC

    PERSIK KEDIRI (tuan rumah)

    PSN NGADA

    PERSITOLI

     

    GRUP DGRUP H
    PS BADUNG BALI (tuan rumah)

    LAMPUNG SAKTI FC

    PERSSU SUMENEP

    PERSEDIKAB

     

    CELEBEST FC

    PERSEKAP PASURUAN

    PERSINGA NGAWI (tuan rumah)

    KREASINDO FC

     

    Editor : Nakula

    Redaktur : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan