Sabtu, 15 Juni 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoBupati Ikfina: Majapahit Coffee Festival Jadi Ajang Eksplor Kopi Kab. Mojokerto

    Bupati Ikfina: Majapahit Coffee Festival Jadi Ajang Eksplor Kopi Kab. Mojokerto

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menilai hadirnya MCF (Majapahit Coffee Festival) dapat menjadi ajang bagi para penggiat kopi untuk mengeksplor biji kopi dan produk kopi khas dari Bumi Majapahit menembus pasar nasional dan internasional.

    Saya ingin acara ini (Majapahit Coffee Festival) menjadi acara rutin tahunan di Kabupaten Mojokerto, karena melalui acara ini saya kira kemudian bisa memunculkan kopi khas dari Kabupaten Mojokerto yang kemudian bisa menjadi primadona di kalangan pecinta kopi dan mampu menembus pasar nasional sekaligus inetrnasional,"tegas Bupati Ikfina, saat dikonfirmasi usai menghadiri acara Majapahit Coffee Festival di Kopi Pendopo, Desa Sendi, Pacet, Kamis (23/5/2024) malam.

    Dijelaskan bahwa Kabupaten Mojokerto juga dikenal sebagai salah satu penghasil kopi unggulan di Indonesia, bahkan menurut para pecinta kopi yang juga turut meramaikan Majapahit Coffee Festival ini beranggapan bahwa kopi asli Kabupaten Mojokerto yang berasal dari Trawas bisa menduduki peringkat atas pada lelang biji kopi di kancah internasional.

    Baca juga :  Pemkot Mojokerto Monitoring Kesehatan Hewan Kurban dari Lapak hingga RPH

    Klaim tersebut mendorong Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto itu untuk berkomitmen agar kedepannya Majapahit Coffee Festival ini juga bisa dijadikan acara untuk lelang kopi dengan varian-varian kopi yang menjadi khas Kabupaten Mojokerto.

    Bayangan saya kedepannya, Majapahit Coffee Festival ini juga bisa dijadikan sebagai event untuk lelang kopi, tentunya dengan produk-produk kopi unggulan yang hanya bisa ditemukan di event lelang nanti, Ungkapnya.

    Bupati Ikfina bahkan juga memproyeksikan jika nantinya produk kopi khas Kabupaten Mojokerto ini bisa dikolaborasikan dengan produk-produk lain dari Bumi Majapahit ini, contohnya tembakau.

    Nanti kopi khas yang menjadi primadona dari Kabupaten Mojokerto ini juga bisa dikolaborasikan dengan produk asli lain, misalnya tembakau, petani tembakau di Kabupaten Mojokerto ini sudah bisa berbagai macam cara dan teknik untuk fermentasi tembakau, Tuturnya.

    Baca juga :  Disaksikan KPK, Bupati Mojokerto dan Kepala OPD Teken Pakta Integritas Cegah KKN

    Majapahit Coffee festival merupakan giat yang diselenggarakan oleh komunitas Lingkar Kopi yang didukung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto, juga dengan menggandeng Sumber Kopi Prima dan Bank Jatim sebagai sponsor giat.

    Jalannya acara pada malam itu juga tampak meriah dan antusias dengan adanya fun brewing (lomba seduh kopi), sharing session dengan penggiat kopi, live accoustic dan jamming session yang menampilkan DJ dan Band performance.

    Tampak hadir pada Majapahit Coffee Festival ialah, Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto, Kepala Cabang Bank Jatim Mojokerto Raya, Camat Pacet beserta Forkopimca Pacet dan Kepala Desa Pacet serta para penggiat kopi yang berasal dari kabupaten/kota di Jawa Timur.(*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan