Rabu, 24 April 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanTemukan Dugaan Penggelembungan Suara Di Sirekap, LO La Nyala Lapor KPU Magetan

    Temukan Dugaan Penggelembungan Suara Di Sirekap, LO La Nyala Lapor KPU Magetan

    MAGETAN (Wartatransparansi.com)  Dugaan adanya penggelembungan suara pada Sistem Informasi Rekapitulasi ( Sirekap) LO/ Tim calon anggota DPD Jawa Timur La Nyala Mataliti membuat aduan Ke KPUD Magetan. Mereka merasa dirugikan adanya temuan penggelembungan suara pada sirekap di beberapa TPS Kabupaten Magetan.

    Hal ini disampaikan oleh Tsabit Qolby Ala Diinika, Liason Officer Kabupaten untuk Calon Anggota DPD La Nyala Mahmud Mataliti.” Kami telah buat aduan ke KPU atas penggelembungan Suara di beberapa TPS,” Kata Tsabit Qolby.

    Temuan itu diantaranya TPS 2 Desa Krajan kecamatan Parang, TPS 4 Kelurahan Tambran Kecamatan Magetan,TPS 3 Desa Bogem Kecamatan Kawedanan. Penggelembungan terjadi pada sistem Sirekap KPU.Untuk itu kami menyarankan kepada KPU untuk menghentikan penggunan Sirekap pada rekapitulasi penghitungan suara.

    Baca juga :  Agung Darmadi Terpilih Sebagai Direktur Tehnik PDAM Lawu Tirta Magetan

    Kami berpatokan pada C hasil milik panwascam atau pun saksi,karena dianggap lebih lengkap dibanding rekap sirekap.Sebagaimana yang kami laporkan ke KPU, dalam sirekap itu jumlah suara melebihi DPT yang ada dalam TPS tersebut.” Seperti di TPS Tambran DPT hanya 230 namun hasil yang keluar di sirekap lebih dari 1000 suara,” ujar Tsabit Qolby.

    Untuk itu kami dari Tim La Nyala Mahmud Mataliti menghimbau kepada Ketua Bawaslu dan jajarannya untuk tegas menyarankan kepada Panwascam tegas, sebagai acuan dari model C, dari TPS. Kemarin kami tim dari La Nyala Mataliti, LO Lia Istifama, Adila Azis sudah sepakat untuk menggunakan C hasil dari TPS dalam rekapitulasi.

    Baca juga :  Bursa Kerja Khusus (BKK), SMKN Bendo siap Salurkan Lulusan SMK ke Pasar Industri

    Sementara itu Ketua KPU Magetan Fahrudin menaggapi Laporan dari LO La Nyala Mahmud Mataliti menyampaikan, KPUD saat ini sedang melakukan rekapitulasi penghitungan suara berjenjang,” Saat ini penghitungan sudah sampai pada tahap PPK/ kecamatan,” ujar Fahrudin. (*)

    Reporter : Rudy Ardi

    Sumber : Wartatransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan