Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaBelasan Tahun Surabaya Barat Banjir Kiriman dari Gresik

    Belasan Tahun Surabaya Barat Banjir Kiriman dari Gresik

    SURABAYA (Wartatranspransi.com) –Setiap musim hujan, sejumlah titik di wilayah Surabaya Barat dipastikan banjir. Di bulan Februari 2024 ini, banjir kembali terjadi. Bahkan terparah. Penyebabnya, bukan karena diguyur hujan, tetapi disebabkan air kiriman dari kawasan Menganti, Kabupaten Gresik. Bahkan, warga menyebut banjir kiriman sudah terjadi belasan tahun.

    Banjir kiriman tersebut terjadi pada Sabtu (17/2/2024) petang hingga malam menjelang Minggu dini hari, kemarin. Banjir terpantau, antaranya  di kawasan Jalan Tengger Raya, Kecamatan Sambikerep, serta di kawasan Jalan Raya Pakal Jaya 1, Kecamatan Pakal.

    Beberapa warga menyebutkan, penyebab terjadinya banjir karena saluran air tidak bisa menampung luapan air. Seperti terjadi di Jalan Beji yang menurut warga setempat banjirnya sudah mencapai perut orang dewasa atau sekitar 1 meter. Lokasi banjir mencapai 1 meter itu berada di kawasan sekitar SMP Negeri 14 Surabaya.

    Baca juga :  Meriah, Reuni Akbar dan Halal Bi Halal Keluarga Bani Nyonorejo

    “Banjir kiriman seperti ini sudah terjadi sejak tahun 2010, sudah belasan tahun,” kata warga.

    Banjir terparah terjadi di Jalan Rejosari, Jalan Jurang Kuping, dan Jalan Beji, Pakal. Di kawasan itu ketinggian banjir bervariasi mulai dari setinggi betis orang dewasa atau sekitar 30 cm, ada yang setinggi lutut atau sekitar 50 cm, bahkan ada yang setinggi perut atau mencapai 1 meter. Warga lainnya menyebut. Penyebab terjadinya banjir juga dikarenakan adanya air kiriman dari kawasan Menganti, Gresik.

    Saat melakukan pengecekan di lokasi banjir, Wali Kota Eri Cahyadi langsung menyampaikan permohonan maaf kepada warga. “Saya tadi berputar dari sana, Pakal banjir lalu di sini (Sambikerep) juga banjir padahal tidak hujan. Nah ini buangan air dari mana? Ini tidak hujan tapi banjir. Mohon maaf, ini akan segera saya selesaikan,” kata  Eri saat bertemu warga di Jalan Tengger Raya.

    Baca juga :  Sholat Idul Fitri di Mas Surabaya,  Pj. Gubernur:  Bersyukur Situasi Jatim Aman, Nyaman Terjaga

    “Saya mohon maaf selama belasan tahun Anda mengalami hal ini, sekali lagi saya minta maaf, tahun ini saya selesaikan. Saya pamit nggih, Pakal juga seperti ini mendapat limpahan air. Pokoknya selesai langsung (dibuatkan) tanggul,” sambung Eri. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan