Jumat, 12 April 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaKPU Surabaya Siapkan Tenaga Muda di KPPS

    KPU Surabaya Siapkan Tenaga Muda di KPPS

    SURABAYA (Warta Transparansi.com) – KPU Kota Surabaya telah membuka pendaftaran Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dimulai tanggal 11 Desember sampai 20 Desember 2023. Syarat menjadi Anggota KPPS Pemilu 2024 nanti diantaranya usia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun , berijazah minimal SLA dan berbadan sehat.

    Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Surabaya Subairi mengatakan pihaknya melalui PPS telah menyiapkan tenaga untuk 57.169 orang untuk mengisi 8.167 TPS. Dalam mejalankan tugasnya KPPS dibantu Linmas sejumlah 16.334 orang..

    ” Bagi yang memenuhi syarat silahkan mendaftarkan diri sebagai KPPS di Kelurahan dalam rangka bersama-sama melaksanakan Pemilu 2024″, ujarnya.

    Subairi mengingatkan, agar tragedi pemilu 2019 tidak terjadi. Maka pendaftar petugas KPPS hendaknya usia 17 Tahun sampai 55 Tahun. Walaupun begitu pendaftar juga harus menyertakan surat sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit.

    Baca juga :  Khofifa Beber 1.396 Tempat Wisata Di Jatim yang Bisa Dikunjungi 

    ” Ada syarat yang krusial untuk mengtisipasi insiden 2019, KPU meminta surat keterangan sehat serta pembatasan usia maksimal 55 tahun dan minimal 17 tahun”, ujarnya.

    Dalam rangka untuk maksimalkan partisipasi masyarakat, pihaknya mumbuka pendaftaran KPPS mulai tanggal 11 sampai dengan 20 Desember 2023. Tentunya bagi yang memenuhi syarat sebagai petugas KPPS.

    ” Masa pendaftaran KPPS dimulai tanggal 11 sampai 20 Desember. Ayo berbondong- bondong mendaftar di Kelurahan”, ajak Bairi, sapaan akrab Subairi.

    Ia mengatakan, honor yang dierima ada kenaikan dibandingkan dengan honor pemilu tahun 2019 lalu. Namun demikian, petugas KPPS kali ini harus paham IT.

    ” Soal honor petugas KPPS untuk ketua sebesar Rp. 1.200.000,- sedangkan untuk anggota sebesar Rp. 1.100.000,- dalam masa kerja satu bulan”, ungkapnya.

    Baca juga :  Tokoh Lintas Elemen Halal Bi Halal ke Kediaman Ketum PP Muslimat NU Khofifah

    Bairi juga mengajak saudara disabilitas untuk berpartisipasi menjadi petugas KPPS, tentunya ada syarat dan lolos seleksi. (*)

    Reporter : Sumardji

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan