Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanKetua DPRD Magetan Jajal Kendaraan Listrik Buatan ITS Surabaya

    Ketua DPRD Magetan Jajal Kendaraan Listrik Buatan ITS Surabaya

    MAGETAN (Wartatransparansi.com) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Selalu berinovasi bagi bangsa ini . Kali ini, ITS berinovasi dengan meluncurkan mobil listrik multiguna yang bernama Multipurpose Electric Vehicle ITS (MEvITS).

    Dalam memperkenalkan produknya Depatemen Tehnik mesin FTIRS ITS Surabaya megadakan kegiatan Pengandian kepada masyarakat Workshop dan sosialisasi dan test drive kendaraan listrik ITS. Kegiatan ini ditujukan untuk tehnisi bengkel dan SMK di Kabupaten Magetan.

    Dalam kesempatan tersebut hadir Ketua DPRD Magetan Sujatno untuk melihat langsung inovasi yang dibuat ITS. Dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung produk inovatip seperti kendaraan listrik seperti ini.” Kita jelas sangat mendukung karya inovatif anak bangsa seperti ini,” kata Sujatno

    Baca juga :  Empat Desa Di Lembeyan Keluhkan Aliran Sungai Tersumbat Akibat Pembuangan Limbah Perusahaan Cucian Pasir

    Dijelaskan produk seperti ini harus dikembangkan dan disosialisasikan kepada masyarkat luas.Karena selain mengurangi polusi emisi juga dapat mengurangi penggunaan BBM fosil dan beralih ke sumber daya listrik.Lebih efisien dan menghemat selain membantu mengatasi polusi udara.

    Untuk meyakinkan dalam kesempatan tersebut Sujatno mencoba mengendarai sendiri ( test drive) sepeda motor dan mobil listrik buatan ITS tersebut” Enak dan tidak bising suara mesinnya,”ungkapnya. Selain itu tenaga yang dihasilkan juga tidak kalah dengan kendaraan yang masih memakai BBM fosil.

    Sementara itu tim peneliti kendaraan listrik dari ITS Rhohik Muntoha menyampaikan tujuan dari sosialisasi dan workshop ini adalah pengenalan kendaraan listrik electrik vhicle kepada bengkel dan SMK.Inisiasi kegiatan ini melibatkan mahasiswa,dosen serta dosen pembimbing ” Tujuannya untuk memperkenalkan elektric vhicle ini adalah ramah lingkungan karena sumber daya mesin dari elektrik,” ujar Rhohik Muntoha.Dijelaskan selain itu elektrik vhicle ini juga hemay energi.

    Baca juga :  Eko Muryanto Calon Kuat Komisaris Utama PT BPRS Magetan ( Perseroda)

    Disampaikan untuk jenis sepeda motor memiliki kapasitas 65 AH dan 72 volt dapat menempuh jarak 60 KM, dan mobil dapat mencapai 80 KM. Sedang untuk biaya konversi pemerintah memberikan subsidi 7 juta degan total biaya konversi senilai 15 juta.(*)

    Reporter : Rudy Ardi

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan