Rabu, 28 Februari 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSekdaprov Adhy Karyono Buka MTQ Korpri Tingkat Provinsi Jatim
    Targetnya Juara Umum di MTQ Nasional

    Sekdaprov Adhy Karyono Buka MTQ Korpri Tingkat Provinsi Jatim

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Sekretaris Daerah Prov. Jatim Adhy Karyono berharap pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri tingkat Provinsi Jatim bisa melahirkan para Kafilah yang hebat.

    Sehingga bisa mengikuti jejak dari kontingen MTQ Jatm yang menjadi juara umum pada MTQ tingkat nasional.

    “Semoga setelah dari pelaksanaan MTQ Korpri ini bisa meraih juara umum yang nantinya akan dilaksanakan MTQ Korpri Tingkat Nasional pada Bulan Juni tahun 2024 di Kalimantan Tengah,” harapnya saat membuka Lomba MTQ Korpri Tingkat Provinsi tahun 2023 di Kantor BKD Prov. Jatim, Surabaya, Senin (16/10).

    Sekdaprov Jatim mengatakan, seluruh upaya dan dukungan akan dioptimalkan agar MTQ Korpri Jatim bisa memperoleh Juara Umum pada MTQ Nasional mendatang. Jika sebelumnya pelaksanaan MTQ Korpri tahun 2022 di Sumatera Barat kontingen Korpri Jatim berhasil masuk pada peringkat lima besar.

    Baca juga :  Khofifah Ingatkan Ortu Segera Lengkapi Imunisasi Anaknya Ke Yankes Terdekat

    “Saya berharap lewat MTQ Korpri ini, kontingen asal Jatim bisa menjadi juara umum MTQ Korpri tingkat nasional,” tegasnya.

    Dijelaskannya, dukungan penuh dari Pemprov Jatim maupun LPTQ terus dilakukan diantaranya mendatangkan para pelatih, pembina dari para kiai yang kompeten. Dimana mereka  turut mengantarkan kontingen MTQ Jatim berhasil meraih Juara Umum MTQ Nasional.

    “Komitmen dan ikhtiar kita harus kita wujudkan agar MTQ Korpri Jatim bisa menjadi juara Umum tingkat Nasional. Para dewan juri, pelatih dan instruktur secara khusus kita ambilkan dari MTQ Nasional XXIX Tahun 2022,” jelasnya.

    Lomba MTQ Korpri Tingkat Provinsi ini, jelas Sekdaprov Adhy, merupakan kegiatan untuk menumbuhkan nilai nilai islam dikalangan para ASN. Pelaksanaan MTQ Korpri ini memiliki nilai strategis dalam rangka pembangunan SDM Unggul dan meningkatkan kinerja ASN untuk lebih dekat dengan Al Qur’an.

    Baca juga :  Pasar Simo Surabaya Direvitalisasi dan Disediakan 94 Stand untuk PKL

    Kepala BKD Prov. Jatim Indah Wahyuni mengatakan, bahwa maksud dan tujuan MTQ Korpri Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 yakni sebagai penguatan skill dan mendalami isi Al Quran bagi Al Qur’an bagi anggota Korpri se Jatim.

    Dalam laporannya, kegiatan MTQ Korpri Tingkat Provinsi Jawa Timur sejumlah 410 orang yang mana 256 putra dan 154 putri. Dari total tersebut terdiri dari 234 orang perwakilan kabupaten/kota, 142 orang dari perangkat daerah dan 34 orang perwakilan Kementrian Agama Kabupaten/Kota atau instansi vertikal.

    Disampaikannya, terdapat tujuh belas cabang Musabaqoh yang dilombakan yakni Tilawah Al Qur’an, Tartil Al Qur’an, Hafalan Juz 30, Hafalan Surah Al Baqoroh, Surah Al Imron, Surah An Nisa, Hafdan, Dakwah Al Quran. Juga, Kaligrafi Dekorasi, Lukis Kontemporer, Digital Klasik, Digital Kompetorer, Makalah Ilmiah Al Qur’an, Lomba Doa, Adzan hingga lomba Khotbah Jumat.

    Baca juga :  Ayo Ikutan Lomba Desain Motif Batik Khas Suroboyo, Pendaftaran Ditutup 17 Maret

    Ia memastikan, bahwa peserta terbaik dan juara pada MTQ Korpri tingkat Provinsi akan diberangkatkan dan diikutkan pada MTQ Korpri Tingkat Nasional.

    “Peserta terbaik akan dikirim pada MTQ Korpri tingkat Nasional. Semua harus bersemangat dan wajib menampilkan penampilan terbaik,” tutupnya.

    Untuk diketahui, Pelaksanaan MTQ Korpri Tingkat Provinsi Tahun 2023 diselenggarakan dalam satu tampilan langsung dan diambil dengan nilai tertinggi.

    Penampilan peserta diatur sesuai dengan jadwal berdasarkan nomor peserta. Hasil penilaian dewan hakim nantinya dapat dilihat langsung sesaat setelah peserta tampil. (*)

    Reporter : Amin Istighfarin

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan