Jumat, 24 Mei 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoTargetkan 15 Medali Emas Bupati Ikfina Lepas 444 Atlet Porprov Jatim VIII...

    Targetkan 15 Medali Emas Bupati Ikfina Lepas 444 Atlet Porprov Jatim VIII 2023

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Mojokerto – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati melepas keberangkatan 444 atlet untuk berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII 2023. Diharapkan para atlet dalam event olahraga yang digelar mulai tanggal 9-16 September 2023 mampu memperoleh 15 medali emas sesuai yang ditargetkan.

    Perhelatan Porprov VIII Jawa Timur tahun 2023 itu akan dilaksanakan di empat Kabupaten/Kota diasntaranya Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang.

    “Target medali kontingen Kabupaten Mojokerto sesuai dengan target dari KONI Kabupaten Mojokerto. Kalau kita bicara target, itu tidak boleh targetnya dari saya. Targetnya di lapangan yang bisa mengukur daya juang dan kemampuan dari atlet-atlet kita,” kata Bupati Ikfina, saat pelepasan kontingen Porprov Jatim VIII 2023, di Pendapa Graha Maja Tama (GMT), Pemkab Mojokerto, Kamis, (31/8) pagi.

    Selain menargetkan peningkatan perolehan medali emas pada Porprov Jatim VIII tahun ini, BUpati Ikfina juga berharap perolehan medali perak dan perunggu juga ditingkatkan.

    “Tentunya dengan dukungan semua, seperti hari ini pemerintah daerah, temen-teman DPRD Kabupaten Mojokerto, Komisi D, semua pimpinan hadir. Mudah-mudahan kita bisa memberikan support terbaik untuk para atlet. Berjuanglah untuk kehormatan, percayalah, yakinlah bahwa kami akan memikirkan reward terbaik untuk anda semuanya. Yang penting kehormatan,”kata Ikfina.

    Baca juga :  Bupati Ikfina: Majapahit Coffee Festival Jadi Ajang Eksplor Kopi Kab. Mojokerto

    Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mojokerto, Suher Didiento mengatakan, pada Porprov VII tahun 2022 kemarin, yang digelar di Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo. Kabupaten Mojokerto memperoleh 6 medali emas, 7 medali perak dan medali perunggu sebanyak 23 buah. Pada Porprov VIII tahun 2023 ini, Kabupaten Mojokerto bertekad untuk menambah jumlah perolehan medali. Hal itu mengingat Kabupaten Mojokerto menjadi salah satu tuan rumah.

    “Untuk itu kami bertekad akan mengangkat jumlah perolehan medali dari Porprov sebelumnya. Dengan target kami, yakni 15 medali emas. Motto kontingen Kabupaten Mojokerto adalah ‘Kabupaten Mojokerto Kompak, Kabupaten Mojokerto Berdaya dan Kabupaten Mojokerto Juara’.” tegasnya.

    Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Mojokerto turut memberikan jaminan perlindungan kepada para atlit yang berlaga di Porprov Jatim VIII.

    Baca juga :  Peringatan Harkitnas, Pj. Wali Kota Serahkan Penghargaan untuk Sekolah & RW Berprestasi

    KONI Jatim telah menunjuk dan menetapkan venue dan cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di Bumi Majapahit. Ada sebanyak 15 cabor digelar di 14 lokasi yang sudah ditunjuk. Di antaranya, catur yang akan dipertandingkan di Hall Arayana Hotel Trawas. Woodball di lapangan Koramil Trawas. Dayung dan Renang Aquatic di Long Storage Kalimati, Desa Kwatu, Kecamatan Mojoayar. Balap sepeda di 4 venue, yakni Camp Ground Pacet, Kinco Bike Park, Lapangan Pacing Bangsal dan stadion Gajah Mada.

    Ada pula Gulat dan Sambo yang sama-sama diletakkan di GOR Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Hockey Indoor dan Hapkido dipusatkan di kompleks GOR Stadion Gajah Mada. Hockey Outdoor dan Sepak Bola di Stadion Gajah Mada Mojosari. Sedangkan menembak di lapangan tembak Yonif Para Raider 503 Mayangkara.

    Judo dan IBC MMA sama-sama di gedung ACC Sman 1 Puri. Dan terakhir arung jeram di pintu Rolak 3, Mlirip, Kecamatan Jetis. Dalam Porprov VIII tahun 2023 ada total 53 cabor yang dipertandingkan atau dilombakan. Jumlah itu bertambah tujuh cabor dari pelaksanaan Porprov VII pada tahun 2022 lalu yakni sebanyak 46 cabor.

    Baca juga :  Bupati Ikfina Bersama Dierektur RSUD R.A. Basoeni Gelar Baksos di Ponpes 99

    Porprov VIII tahun 2023 ini akan mempertandingkan 53 cabang olahraga (cabor). Kabupaten Mojokerto sendiri berpartisipasi mengikuti sebanyak 44 cabor dengan jumlah atlet sebanyak 444 atlet. Yang terdiri dari sebanyak 302 atlet putra dan 142 atlet putri. Sementara Official putra sebanyak 86 orang dan official putri sebanyak 8 orang.

    44 Cabor yang diikuti Kabupaten Mojokerto, antara lain, Anggar, Arung Jeram, Atletik, Balap Sepeda, Biliar, Binaraga, Bola Tangan, Bola Voli Indoor, Bulutangkis, Catur, Dance Sport, Dayung, E-Sport, Gate Ball, Gulat, Hapkido, Hockey Indoor, Hockey Outdoor, MMA, Judo, Jujitsu, Karate, Kempo, Kick Boxing, Kurash, Menembak, Muaythai, Panjat Tebing, Petanque, Renang, Sambo, Selam, Sepak Bola, Sepak Takraw, Kwon Do, Tarung Derajat, Tenis Meja, Tinju, Woodball, Wushu, Futsal, Drumband dan Pencak Silat.

    Porprov ke-VIII Jawa Timur tahun 2023 secara resmi akan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa pada tanggal 9 September 2023 di Gelora Delta Sidoarjo. Sedangkan penutupan akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023 di Stadion Gajah Mada, Mojosari, Mojokerto. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan