Sabtu, 18 Mei 2024
30 C
Surabaya
More
    LifeStylePergelaran Angklung Indonesia Pecahkan Rekor Dunia

    Pergelaran Angklung Indonesia Pecahkan Rekor Dunia

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar yang diikuti 15.110 peserta, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (5/8/2023), dan masuk dalam buku catatan Guinness World Records (GWR).

    “Indonesia telah mencapai Guinness World Records dengan 15.110 orang,” kata penilai resmi GWR, Sonia.

    Sertifikat rekor dunia dunia itu diserahkan kepada Tri Suswati Tito Karnavian, yang merupakan Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) sekaligus ketua panitia pergelaran. Sertifikat selanjutnya diserahkan kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

    Sebelumnya, ribuan pemain angklung yang ikut dalam pergelaran bertajuk The Largest Angklung Ensemble in World ini menyanyikan lagu nasional Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan lagu internasional Wind of Change yang dipopulerkan oleh grup musik Scorpions. Para peserta tersebut dipandu oleh Saung Angklung Udjo.

    Baca juga :  Sutradara Film “Malam Pencabut Nyawa” Ungkap Alasan Ganti Judul Baru

    Dalam sambutannya sebelum pergelaran, Tri Tito Karnavian selaku ketua panitia menyampaikan bahwa upaya pemecahan rekor dunia ini merupakan persembahan untuk HUT ke-78 kemerdekaan RI.

    “Kami bertekad ini menjadi persembahan hadiah ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023,” ujar Tri.

    Selain itu, kata Tri, kegiatan yang diinisiasi oleh OASE KIM ini bertujuan untuk untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya Indonesia yang direpresentasikan melalui pergelaran angklung terbesar di dunia.

    “Kiranya, setelah upaya ini angklung akan terus bangkit, semakin dicintai semua generasi, dan menjadi bagian dari seni musik tidak hanya di daerah asalnya Jawa Barat dan negara Indonesia tapi bergaung di seluruh dunia,” tandasnya.

    Baca juga :  Teman Khayalan di film “IF: Imaginary Friends” yang Sering Dilupakan

    Turut hadiri dalam acara pemecahan rekor tersebut Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan