Jumat, 14 Juni 2024
28 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanIngin Mudik Gratis, Begini Cara Mendaffarnya

    Ingin Mudik Gratis, Begini Cara Mendaffarnya

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Mudik bareng menjadi program rutine Pemprov Jawa Timur. Hal serupa juga dilakukan pada tahun 2023 ini dengan menyiapkan 161 bus ke berbagai tujuan.

    Warga Jawa Timur yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya juga dapat fasilitas yang sama. Khusus Jakarta titik kumpul di TMII. Selain itu juga disiapkan mudik gratis menggunakan kapal laut yang menampung 2400 penumpang.

    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, pihaknya juga menyiapkan truk pengangkut sepeda motor dengan kepasitas 400 motor dengan rute Jangkar-Raas.

    Program ini dimulai tanggal 27 Maret s.d 10 April 2023 dimana pendaftaran bisa dilihat alamat website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id masyarakat bisa mulai mendaftarkan diri secara online.

    Baca juga :  Pj. Gubernur Dukung Roadshow Bus KPK 2024: Upaya Preventif Pendidikan Anti Korupsi

    Pemberangakatan mudik gratis untuk area Jawa Timur akan dimulai pada tanggal 19 April 2023 dan diberangkatkan di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Jl. Ahmad Yani 268 Surabaya,” tegasnya.

    Pada hari itu rute mudik gratis diantaranya :

    1. Surabaya – Madiun
    2. Surabaya – Magetan
    3. Surabaya – Ponorogo
    4. Surabaya – Nganjuk
    5. Surabaya – Tulungagung
    6. Surabaya – Blitar
    7. Surabaya – Trenggalek
    8. Surabaya – Bondowoso
    9. Surabaya – Pacitan
    10. Surabaya – Jember.
    11. Surabaya – Malang – Blitar
    12. Surabaya – Banyuwangi
    13. Surabaya – Ngawi
    14. Surabaya – Tuban
    15. Surabaya – Sumenep
    16. Surabaya – Bojonegoro

    Pemprov Jawa Timur juga

    akan menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jatim yang tinggal dan bekerja di Ibukota Jakarta sebanyak 34 bus dimana sebanyak 20 bus akan diberangkatkan pada tanggal 18 April. Pemberangkatannya TMII Jakarta serta armada bus balik gratis dari Jatim menuju ke Jakarta sebanyak 14 bus.

    Baca juga :  KPK Sebut Jumlah Pengaduan Masyarakat Kasus Korupsi Kota Surabaya Tertinggi

    Mudik Gratis Kapal Laut, lanjut Khofifah juga dipersiapkan untuk mengangkut masyarakat yang tinggal di Kepulauan Raas Sumenep Madura.

    Pemprov Jatim mempersiapkan Rute Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas dengan jumlah retase 6 kali Pulang Pergi dengan daya tampung 2.400 penumpang menggunakan Kapal KMP. Wicitra Dharma I.

    Pendaftaran mudik gratis melalui kapal laut dibuka pada tanggal 1 sd 20 April 2023 secara offline dengan jadwal mudik P. Jangkar – Raas PP pada tanggal 16,18,20 april 2023. Sedangkan, rencana jadwal balik dari Pulau Raas – Pelabuhan Jangkar PP pada tanggal 26 April, 29 april dan 2 mei 2023. (min)

    Reporter : Amin

    Sumber : WarrtaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan