Sabtu, 22 Juni 2024
31 C
Surabaya
More
    OlahragaDrawing Piala Dunia U-20 Batal, Indonesia Terancam Sanksi Berat

    Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Indonesia Terancam Sanksi Berat

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Pembatalan drawing atau pengundian Piala Dunia U-20 akan berdampak serius bagi keberlangsungan sepak bola Indonesia. Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Arya Sinulingga mengatakan PSSI telah mendapatkan informasi dari FIFA pada Sabtu pagi, 25 Maret 2023.

    “Mereka telah memutuskan membatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Bali yang rencananya dilakukan pada 31 Maret 2023, Meski surat tertulis belum kita terima tetapi kita sudah mendapatkan informasi secara lisan,” ujar Arya saat jumpa pers di Kantor PSSI, Jakarta.

    Arya memperkirakan pembatalan drawing ini salah satunya disebabkan karena penolakan Gubernur Bali Wayan Koster untuk menyelenggarakan Drawing Piala Dunia U-20 di Bali. Arya menilai hal ini sangat kontradiktif mengingat Koster juga sudah menandatangani Government Guarante untuk menjadi salah satu tempat penyelenggaraan pelaksanaan Piala Dunia U-20, termasuk di dalamnya Drawing Piala Dunia U-20. “Pihak FIFA belum memberikan informasi mengenai waktu dan lokasi penyelenggaraan drawing Piala Dunia-20,” ucap Arya.

    Baca juga :  Stadion Tambaksari Surabaya jadi Venue Piala AFF U-19

    PSSI, lanjut Arya, mengerti sulitnya memisahkan politik dan olahraga. Oleh karena itu, ucap Arya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri sebagai penanggung jawab diplomasi dan politik luar negeri dan kepada Kemenpora sebagai Inafoc atau penanggung jawab pelaksana Indonesia.

    “Ketua Umum PSSI juga akan melaporkan kepada bapak presiden pada kesempatan pertama untuk mencari solusi untuk semua ini baik secara diplomasi dan politik luar negeri untuk bagaimana menyelamatkan sepakbola Indonesia yang kita cintai,” lanjut Arya.

    Arya menyebut kelanjutan penyelenggaraan Piala Dunia U-20, termasuk inspeksi teknis lapangan-lapangan di Indonesia tetap dilakukan oleh FIFA. “Kami tidak menutup kemungkinan adanya konsekuensi-konsekuensi yang harus diterima oleh Indonesia dan PSSI akibat adanya permasalahan yang terjadi sehubungan dengan proses penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia,” kata Arya.

    Baca juga :  Jerman dan Spanyol Lolos ke 16 Besar Euro 2024

    Dia menilai dampak yang dihasilkan jika Indonesia batal menjadi tuan rumah bakal sangat berat. Minimal ada sanksi dari FIFA untuk jangka waktu yang lama dan sangat merugikan sepakbola Indonesia. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan