Kamis, 13 Juni 2024
31 C
Surabaya
More
    OlahragaJustin Hubner Diperebutkan Timnas Indonesia dan Belanda di Piala Dunia 2023

    Justin Hubner Diperebutkan Timnas Indonesia dan Belanda di Piala Dunia 2023

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Justin Hubner yang menjadi salah satu dari tiga pemain yang segera dinaturalisasi ternyata hingga kini nasibnya belum jelas. Karena namanya diperebutkan timnas Indonesia dan Timnas Belanda. Bahkan keduanya sudah mendaftarkan untuk Piala Dunia U-20 di Indonesia pada Mei 2023 mendatang.

    Mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani yang sebelumnya mendapat tugas untuk membawa pemain Belanda itu sebenarnya sudah mengurus proses naturalisasi demi bisa membela Timnas Indonesia U-20. Hanya saja, komitmen Justin Hubner pun dipertanyakan setelah adanya pemanggilan dari Belanda U-20. PSSI sampai saat ini pun sukar memberikan jawaban pasti terkait nasib pemain Wolverhampton Wanderers itu.

    “Banyak pertanyaan, apakah Justin Hubner tetap membela Timnas Indonesia atau dia memilih Timnas Belanda? Dalam beberapa hari ke depan akan mendapat jawabannya. Mohon dukungannya karena kami sedang bekerja dan berkomunikasi. Semoga terbaik untuk Merah Putih,” kata Hasani Abdulgani, Rabu (22/3/2023).

    Baca juga :  712 Atlet Karate Ikuti Ajang Porkab KONI Sidoarjo

    DPR RI telah menyetujui permohonan pemberian kewarganegaraan untuk Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna DPR RI pada Selasa (21/3/2023). “Persetujuan terhadap permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia dilanjutkan dengan pengambilan keputusan,” ujar Ketua DPR sekaligus pemimpin sidang paripurna, Puan Maharani.

    “R08 pada 20 Februari 2023 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Justin Hubner. R09 pada 20 Februari 2023 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Ivar Jenner dan R10 pada 20 Februari 2023 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Rafael Struick,” ucap Puan Maharani.

    Sebelum diputuskan pada rapat paripurna DPR RI, permohonan naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick lebih dulu dibahas bersama Komisi X dan III. Dalam rapat tersebut, Justin Hubner mangkir dalam pembahasan.

    Baca juga :  Lolos ke Putaran Ketiga, Timnas Kembali Bertarung September Nanti

    Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menegaskan Justin Hubner masih berkomitmen akan proses naturalisasi yang sedang dijalaninya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keyakinan itu didapat Indra Sjafri setelah berbicara dengan sang pemain. “Hingga saat ini, dia masih berkomitmen. Terakhir dia mengatakan masih berkomitmen,” kata Indra Sjafri. “Kalau tidak salah, Justin Hubner tadi sedang latihan,” ujar Indra Sjafri.

    Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria, juga menyatakan kepercayaan dirinya terkait Justin Hubner. Keyakinan itu diungkapkan untuk menguatkan keinginan Hubner membela Timnas Indonesia U-20. “Kami berharap secepatnya agar bisa bergabung. Sudah ada komunikasi dengan KNVB, secara consent legal, Justin Hubner sudah setuju gabung. Jadi pegangannya dokumen legal,” kata Ratu Tisha di Jakarta.

    Baca juga :  Konggres PSSI Cetuskan Liga 4, Erick Thohir Pastikan Transformasi Liga Secepatnya

    Ratu Tisha menyebut Justin Hubner tak masalah bila ikut membela Timnas Belanda U-20. Tisha mengacu kepada aturan FIFA. “Kami berbicara berdasarkan pasar. Berdasarkan peraturan FIFA, tidak ada masalah. Ada di pasal 9 yang menyebut bahwa sebelum berusia 20 tahun itu tidak masalah. Jadi, kami bukan seperti pendapat, harus dibedakan,” tegas Ratu Tisha. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan