Jumat, 19 April 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaErick Thohir Buktikan Pemerintah Tak Intervensi PSSI

    Erick Thohir Buktikan Pemerintah Tak Intervensi PSSI

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menunjukkan bukti bahwa selama ini pemerintah tidak mencampuri urusan PSSI. Ini menjawab posisi Erick sebagai menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuat sejumlah pihak mempertanyakan adakah intervensi pemerintah ke PSSI.

    Dia mengatakan bahwa ia telah mendapatkan dukungan penuh dari badan sepak bola dunia, FIFA. Erick menjelaskan bahwa setelah terpilih sebagai Ketum PSSI 2023-2027, Presiden FIFA, Gianni Infantino mengirimkan surat berisi pesan selamat.

    Mantan pemilik klub raksasa Italia, Inter Milan ini mengatakan bahwa jika ia terpilih sebagai Ketum PSSI merupakan bentuk intervensi pemerintah, FIFA akan langsung menjatuhkan hukuman, namun yang terjadi adalah sebaliknya. “Kalau intervensi, saya rasa kemarin habis saya dipilih, FIFA langsung nge-banned, kok malah dapat surat?” ujar Erick dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2/2023).

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    “Di dalam surat Presiden FIFA itu secara pribadi, ini kata-kata yang luar biasa yang saya rasa pasti rekan-rekan Exco (PSSI) tidak pernah mendapatkan surat seperti ini.” “Ini secara pribadi (Infantino) mendukung,” ucap sosok berusia 52 tahun tersebut mengungkapkan dukungan yang ia terima dari FIFA.

    Bukan bentuk intervensi, namun Erick menganggap bahwa terpilihnya ia sebagai Ketum PSSI merupakan bentuk kerja sama pemerintah untuk sepak bola Indonesia. Karena pemerintah tidak memaksakan kehendak terhadap PSSI, namun melakukan kolaborasi dengan federasi sepak bola Indonesia tersebut. “Kalau intervensi itu memaksakan kehendak pemerintah, contoh misalnya semua wakil pemerintah, kepengurusan ini dipaksakan tidak sesuai statuta, tidak.” “Ini kolaborasi antara komunitas, kami yang memang pecinta olahraga,” kata Erick menambahkan.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Presiden FIFA juga pernah mengungkapkan dukungannya agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah turnamen terbesar sepak bola, Piala Dunia 2040. Hal tersebut diungkapkan Erick ketika Gianni Infantino melakukan diskusi dengan Presiden Joko Widodo pada puncak acara G20 lalu.

    “Diskusi Bapak Presiden Joko Widodo dengan Presiden FIFA di G20, salah satunya Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah kejuaraan dunia 2040.” “Artinya, tentu kita harus punya blue print menuju 2040. Apakah itu di program, infrastruktur, percepatan tim nasional, atau pun pembinaan secara menyeluruh,” tambah Erick. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan