Senin, 6 Februari 2023
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriDidominasi Penyelengara Baru, KPU Kota Kediri Lantik 138 PPS

    Didominasi Penyelengara Baru, KPU Kota Kediri Lantik 138 PPS

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) –Sebagai bagian tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Kediri melantik 138 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di dominasi penyelenggara baru.

    ” Ada 138 PPS yang dilantik 48,5 persen adalah perempuan, tidak ada dari kaum disabilitas. Sampai pendaftaran ditutup, tidak ada kaum disabilitas yang mendaftar. Persentasenya, 70 persen didominasi petugas baru dan sisanya pernah menjabat sebagai PPS di periode sebelumnya,”ujar Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Kediri, Pusporoni Endah Palupi, (24/01/2023).

    Menurutnya, untuk perekrutan PPS telah sesuai aturan, transparan dan mekanisme yang benar melalui aplikasi online Siakba. Berkenaan didominasi oleh penyelengara baru atau pemula sebagai PPS. Maka, diharapkan agar dapat belajar dari petugas sebelumnya dan mengikuti orientasi petugas dari KPU Kota Kediri.

    Baca juga :  5 Siswa MAN 2 Kota Kediri Diduga Tidak Lolos Seleksi PPDB 2022

    Didominasi Penyelengara Baru, KPU Kota Kediri Lantik 138 PPS
    Sejumlah PPS sedang berfoto bersama dengan Komisioner KPU Kota Kediri usai dilantik

    Dari 138 PPS yang dilantik akan disebar di 46 kelurahan di Kota Kediri, masing-masing kelurahan 3 PPS, dengan masa kerja selama 14 Bulan yakni Januari 2023 – 4 April 2024 mendatang.

    Kemudian, tugas KPU kepada PPS melakukan orientasi tugas dan PPS berkewajiban membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kelurahan masing-masing.

    ” Kita nanti akan memberikan orientasi tugas kepada PPS, dikarenakan pada 26 Januari KPU akan membuka pendaftaran Pantarlih,” terangnya.

    Lanjut Pusporoni, menambahkan, PPS juga diminta untuk aktif ditengah masyarakat dan memberikan sosialisasi di kelurahan setempat, agar proses tahapan pemilu serentak 2024 dapat sesuai dengan rencana dan harapan.

    Baca juga :  5 Siswa MAN 2 Kota Kediri Diduga Tidak Lolos Seleksi PPDB 2022

    ” Kita menekankan agar PPS yang didominasi pemula atau petugas baru dapat memahami lingkunganya, hal ini sangat penting untuk mengetahui wilayah kerjanya meliputi Pantarlih, masyarakat dan peserta pemilu itu sendiri,”ungkapnya.

    Terpisah, PPS Kelurahan Tamanan , Imam Suhada mengatakan, pihaknya merasa bersyukur bisa berpartisipasi dalam proses demokrasi 2024 mendatang sebagai petugas PPS selama 14 Bulan mendatang.

    Sebagai ujung tombak pemilu di tingkat Desa maupun Kelurahan, sejumlah tugas telah menanti PPS untuk dikerjakan setelah pelantikan khususnya dengan pihak Kelurahan setempat.

    “Kita akan menjalin komunikasi dengan Kepala Kelurahan, agar terjalin komunikasi yang baik, terlebih bagi penyelenggara baru,” ujarnya.

    Suhada juga mengutarakan, untuk kinerja PPS akan berlangsung selama 14 Bulan dan juga bisa ditambah mengingat adanya Pilkada, Gubernur dan Walikota yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024.

    Baca juga :  5 Siswa MAN 2 Kota Kediri Diduga Tidak Lolos Seleksi PPDB 2022

    “Informasi yang saya terima, kinerja PPS dapat berlanjut karena adanya Pilkada Gubernur dan Walikota di tahun yang sama,” pungkasnya.(*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan