Sabtu, 22 Juni 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaDewan Desak Pengembang Lepaskan PSU Untuk Radial Road

    Dewan Desak Pengembang Lepaskan PSU Untuk Radial Road

    SURABAYA (Warta Transparansi.com) – Kalangan Dewan Kota Surabaya mendesak sejumlah pengembang di Surabaya Barat, agar menyerahkan Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU) kepada Pemkot Surabaya untuk pengembangan akses jalan Radial Road di kawasan Lontar Kecamatan Sambikerep.

    Sosialisasi oleh Pemkot Surabaya ke warga Sambikerep, terkait pembangunan Radial Road. Ada sekitar 80 persen lahan yang akan digunakan untuk pembukaan akses Jalan merupakan milik pengembang besar di Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya.

    Sehingga pembebasan lahan bisa dilakukan melalui sistem penyerahan Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU) oleh pengembang kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

    “Kami harap pengembang serahkan PSU demi pengembangan jalan Radial Road di wilayah Lontar Sambikerep Surabaya Barat,” kata Baktiono, Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Senin (16/02/23).

    Baca juga :  Ratusan Siswa Ikut Sunatan Massal di Lima Wilayah Surabaya

    Baktiono menjelaskan, rencana Pemkot Surabaya untuk pengembangan jalan Radial Road di Lontar Surabaya Barat tentu sudah ada master plannya di RPJMP, sampai ke Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK).

    “Dan ini sangat bagus, karena jika terbangun jalan Radial Road tentu akses jalan dan infrastruktur diwilayah tersebut baik maka berdampak pada ekonomi di kawasan Lontar Sambikerep,” ungkapnya.

    Politisi PDI Petjuangan ini mengungkapkan, pengembangan akses jalan radial road di Sambikerep harus disesuaikan dengan master plan kota Surabaya, termasuk siapa saja pengembang di wilayah itu memiliki PSU wajib diserahkan ke Pemkot Surabaya.

    Ia menambahkan, pengembang juga diuntungkan, karene akses jalan menuju perumahan bakal lebih muda. Untuk itu pengembang harus berhitung, sehingga lahan untuk PSU segera diserahkan dan dimanfaatkan pemkot Surabaya.

    Baca juga :  Revitalisasi Kota Lama Langkah Strategis Pengembangan Potensi Surabaya

    “ Kalau jalannya lurus mobilitasnya lebih cepat. Tinggal MoU berapa persen pengembang menyerahkan PSU nya ke Pemkot Surabaya,” tuturnya.
    l
    Baktiono mengatakan, lahan warga yang terkena dampak pengembangan jalan radial road, akan diganti sesuai dengan harga pasar. Mengacu pada Perpres tentang Pengadaan Tanah untuk Fasilitas Umum. Semua pengadaan tanah akan di berikan otoritasnya pada panitia.

    “Dengan berpijak Perpres ini, maka lahan warga bisa dihargai sesuai harga pasar,” katanya.

    Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya, Lilik Arijanto mengatakan, pemkot membutuhkan lahan untuk akses pembangunan Jalan Radial Road di kawasan Surabaya Barat . Karena wilayah barat banyak pengembang besar, pihaknya berharap penydiaan lahan itu diperhitungkan sebagai penyerahan PSU.

    Baca juga :  Keren! 330 Pasangan Ikut Pembekalan Isbat Nikah, Pemkot Surabaya Siapkan Pesta Kebun

    “Kebetulan pengembangan di sana yang memiliki lahan di kawasan Radial Road itu pengembang-pengembang besar, sehingga lokasinya juga banyak. Jadi dimungkinkan untuk menyerahkan sebagai PSU itu bisa,” pungkasnya, Sabtu (14-01-2023). (*)

    Reporter : Sarmuji

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan