Sabtu, 22 Juni 2024
30 C
Surabaya
More
    OlahragaBakal Calon Waketum PSSI: Dari Ahmad Riyadh, Azrul Ananda Hingga Zainudin Amali

    Bakal Calon Waketum PSSI: Dari Ahmad Riyadh, Azrul Ananda Hingga Zainudin Amali

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Komite Pemilihan PSSI telah mengumumkan daftar bakal calon ketua umum (ketum), wakil ketua umum (waketum), dan Komite Ekesekutif atau Executive Committee (Exco) periode 2023-2027.

    Komite Pemilihan PSSI secara resmi menutup pendaftaran bakal calon ketum, waketum, dan Exco untuk periode 2023-2027 pada Senin (16/1/2023) sore WIB. Akan tetapi, Amir Burhanudin selaku Ketua Komite Pemilihan PSSI mengatakan bahwa daftar yang dirilis masih bersifat sementara. Artinya, nama-nama yang diumumkan masih berstatus bakal calon. “Kami Komite Pemilihan hari ini pukul 18.00 WIB menyatakan menutup tahapan penyampaian dukungan dan kesediaan para calon,” kata Amir dalam konferensi pers di GBK Arena.

    “Dari data yang masuk ke kami, masih data mentah. Artinya, kemungkinan ada nama-nama ganda dan sebagainya, dan typo huruf berbeda. Kami belum buka berkas satu per satu. Saat buka berkas, itu tahapan verifikasi. Dari data yang kami terima, baik dukungan para anggota maupun kesediaan masing-masing calon, terdapat lima calon ketum. Semuanya laki-laki,” tutur Amir.

    Baca juga :  Stadion Tambaksari Surabaya jadi Venue Piala AFF U-19

    Adapun kelima calon ketum PSSI yang dimaksud adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, Fary Djemy Francis, dan Arief Putra Wicaksono. Sementara itu, bakal calon waketum PSSI periode mendatang ada 17 orang.  Ke-17 bakal calon waketum PSSI itu adalah Ahmad Riyadh, Ahmad Syauqi Soeratno, Andre Rosade, Azrul Ananda, Doni Setiabudi, Duddy S. Sutandi, Fary Djemy Francis, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Iwan Budianto, Juni Ardianto Rachman, Maya Damayanti, Ratu Tisha Destria, Sadikin Aksa, Yesayas Oktavianus, Yunus Nusi, dan Zainuddin Amali.

    Nama terakhir merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia saat ini. Amir Burhanudin mengatakan, Menpora Zainudin Amali mendaftarkan diri sebagai bakal calon waketum PSSI pada hari ini sekitar pukul 12.00 WIB. “(Menpora) melalui stafnya datang ke kantor PSSI sekitar pukul 12 siang. Beliau menyampaikan kesediaan mencalonkan diri sebagai calon wakil ketua umum.” “Nanti akan kami konfirmasi denga syarat lain.

    Baca juga :  Messi Dkk Bungkam Kanada di Pembukaan Copa America 2024

    Begitu juga yang lainnya. Syarat calon minimal dukungan satu anggota PSSI,” ungkap Amir. Kemudian untuk bakal calon Exco, ada sebanyak 78 orang yang mendaftar. Nama-nama yang masuk dalam daftar bakal calon Exco PSSI di antaranya adalah Achsanul Qosasi, Djamal Aziz, Gede Widiade, dan Teddy Tjahjono. “Sekali lagi ini data mentah, akan dilakukan verifikasi oleh Komite Pemilihan. Dari data tersebut memungkinkan nama-nama yang sudah tidak boleh dicalonkan atau merasa tidak dicalonkan, tetapi dicalonkan anggota,” ujar Amir.

    “Tahapan terdekat setelah ini adalah penyampaian kekuarangan berkas yang harus dilengkapi pada 19-21 Januari.” “Ini sekali lagi data mentah yang masuk ke kami. Kami apresiasi para calon begitu antusias mengikuti proses kongres luar biasa. Ini menunjukkan masyarakat menaruh harapan besar terhadap perubahan sepak bola Tanah Air,” kata Amir Burhanudin.

    Baca juga :  Hasil Euro 2024: Belanda Vs Perancis Tanpa Gol, Belgia Rawan Tersingkir

    Adapun Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dijadwalkan bakal digelar pada 16 Februari 2023 mendatang. Sebelumnya, PSSI telah melaksanakan Kongres Biasa di Hotel Sultan, Jakarta, pada Minggu (15/1/2023).

    Adapun, voters PSSI untuk KLB nanti berjumlah 87, meliputi 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 tim Liga 2, 16 kesebelasan Liga 3, dan 3 asosiasi (futsal, sepak bola wanita, pelatih sepak bola). (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan