Jumat, 19 Juli 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaMDI Jawa Timur Laksanakan Final Musabaqah Tartil Al-Qur’an di Masjid Al-Mujahidin

    MDI Jawa Timur Laksanakan Final Musabaqah Tartil Al-Qur’an di Masjid Al-Mujahidin

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Malam penganugerahan lomba Musabaqah Tartil Al-Qur’an dalam rangka Milad Tahsin Al-Qur’an Masjid Al-Mujahidin ke 2, Minggu (23/10/2022). Lomba digelar  DPD MDI Jawa Timur sekaligus ikut serta memperingati Hari Santri Nasional.

    Sekretaris DPD MDI (Majlis Dakwah Islamiyah) Jawa Timur H.R.B. Zainal Arifin menjelaskan, musabaqah Tartil Al-Qur’an ini pendaftaranya dibuka sejak tanggal 10 sampai 18 Oktober 2022.

    Dijelaskan, dari sejumlah peserta yang mendaftar sampai saat ditutup, ternyata animo masyarakat sangat tinggi. Terbukti dari 530 yang mendaftar, yang menyerahkan video via Instagram MDI Jatim sebanyak 232 peserta. Setelah melalui seleksi tahap awal secara ketat tercatat 208 video dinyatakan lolos.  Lalu akan diambil 24 peserta untuk menentukan tiga terbaik 1,2, 3, tiga harapan 1,2,3 dan 6 favorit putra/putri.  Panitia menyiapkan hadiah Rp50juta.

    Baca juga :  Sidak Komisi A DPRD Surabaya Sasar Depo Peti Kemas

    Panitia menjamin juri akan fair. Apalagi tiga dewan juri yang kita undang memiliki reputasi bagus diantaranya Ustadz Zamam Suyuthi, Ustadzah Elviatur Rosyidah, dan Ustadzah Hj. Muhayyinah yang sudah memiliki jam terbang di arena Musabaqah Tilawatil Al-Qur’an tingkat Nasional.

    HRB.Zainal Arifin yang juga Wakil ketua DPD Golkar Jawa Timur bidang hukum itu menyatakan, 24 peserta yang tampil di putaran final, dilaksanakan secara offline di Masjid Al-Mujahidin DPD Golkar Jawa Timur.

    “Ditampilkannya peserta ini secara offline, untuk mencegah kecurigaan peserta. Semisal peserta ada yang dubbing suaranya. Melalui penampilan secara fisik kecurigaan tersebut dengan sendirinya akan terkubur,” ujar H.R.B. Zainal Arifin Sekretaris DPD MDI Jatim.

    Baca juga :  Survei Pilwali Surabaya 2024 ARCI: Eri Cahyadi Makin Kokoh, Bayu Airlangga Terus Mengejar

    Di putaran final ini peserta akan dinilai secara langsung oleh Dewan Juri tanpa permusyawaratan lagi, sehingga nilai yg didapat dari tiga juri tersebut akan tertera secara langsung di layar monitor, kecuali nantinya ada nilai yg sama persis diantara peserta.

    Masyarakat juga bisa menyaksikan secara langsung putaran final ini dgn datang ke Masjid Al-Mujahidin DPD Golkar Jatim atau menyaksikan melalui Golkar Jatim TV yang akan ditayangkan secara Live, tambah Zainal Arifin.

    MDI Jawa Timur berharap melalui momentum Milad Tahsin Al-Qur’an Masjid Al-Mujahidin DPD Golkar Jatim dan Hari Santri Nasional Tahun 2022, dapat meningkatkan kembali gairah berorganisasi yang selama beberapa tahun terakhir ini pasif karena kondisi pandemi.

    Baca juga :  Baktiono: Tanah Fasum Itu Milik Pemkot Surabaya

    MDI berusaha terus sedapat mungkin bisa berpartisipasi dalam pembangunan mental di Jawa Timur, yang salah satunya bisa melahirkan kembali Qori dan Qori’ah terbaik Jawa Timur sebagai modal untuk mempertahankan dan persiapan generasi yang akan datang terhadap Qori dan Qori’ah Jawa Timur, yang baru-2 ini telah keluar sebagai juara umum MTQ XXIX Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan, tambah Dr. Kasno Sudaryanto, M.Ag, Ketua DPD MDI Jawa Timur. (*)

    Reporter : Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan