Rabu, 28 September 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanAntisiapasi Genangan Air, Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Magetan Bangun Drainase...

    Antisiapasi Genangan Air, Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Magetan Bangun Drainase di Nguntoronadi

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) – Intensitas curah hujan yang tinggi sering menyebabkan genangan air, bahkan sering terjadinya banjir di daerah pemukiman. Untuk mengtisapasi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR)  Bidang Cipta Karya  Magetan membangun  proyek Pembangunan Drainase di Desa/Kecamatan Nguntoronadi.

    Diketahui di daerah tersebut berdasarkan laporan masyarakat setempat ketika hujan deras terjadi genangan air di pemukiman warga. Kepala Dinas PUPR Magetan yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Cipta Karya Rokhmad Zainuddin menyampaikan  tujuan pembangunan Drainase ini guna  mengatasi genangan air bahkan sampai meluber ke jalan. Yang mengakibatnya sering mengganggu pengguna jalan bahkan air dapat membuat aspal rusak. “Kita bangun agar tidak terjadi lagi luapan air di kawasan tersebut,” ungkapnya.

    Baca juga :  Warga Sidomulyo Gotong Royong Bersihkan Puing Puing Sisa Kebakaran Rumah

    Antisiapasi Genangan Air, Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Magetan Bangun Drainase di Nguntoronadi
    Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Magetan Rokhmad Zainuddin

    Dialokasikan untuk antisipasi, mengurangi kelebihan air, saat musim hujan tiba, supaya tidak sampai meluber ke jalan yang mana bisa menyebabkan genangan atau banjir. Drainase yang dibangun sepanjang jalan di Nguntoronadi nantinya air langsung bisa terbuang ke sungai yang ada di kawasan tersebut. Diharapkan nantinya jika drinase ini sudah jadi, bersama sama pemerintah masyarakat ikut merawat dan menjaganya sehingga warga dapat menikmati manfaatnya.

    Sementara beberapa warga sekitar yang dihubungi membenarkan jika di kawasan tersebut ketika musim hujan terjadi genangan air yang meluber sampai jalan raya dan pemukiman. Dengan dibangunnya drainase ini warga menyambut gembira dan menyampaikan terima kasih karena keluhannya didengar dinas PUPR sehingga saat ini dibangun drainase. “Terima kasih pada dinas PUPR Bidang Cipta Karya yang membangun drinase, semoga bermanfaat bagi kami semua,” ujar beberapa warga di lokasi pembangunan drainase.

    Baca juga :  Gelar Seni Budaya dan Bazar UMKM Meriahkan Sosialisasi Pemberantasan Rokok Ilegal

    Diketahaui saat ini pembangunan proyek drainase di Desa Nguntoronadi dalam proses pengerjaan yang dilaksanakan oleh CV Maita Karya dengan konsultan pengawas CV Pandega Raya. Proyek tersebut menelan biaya sebesar Rp 313.163.000 bersumber dari dana APBD Magetan tahun 2022. (Rud).

    Reporter : Rudi Ardi

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan