Kamis, 28 Maret 2024
27 C
Surabaya
More
    OlahragaCalon Penghuni Puslatda Jatim Proyeksi PON XXI Jalani Tes Fisik

    Calon Penghuni Puslatda Jatim Proyeksi PON XXI Jalani Tes Fisik

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur memulai tahapan tes fisik dalam seleksi atlet pemusatan latihan daerah (Puslatda) proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara untuk tahun 2022.

    Sebanyak 358 atlet peraih medali di PON XX Papua lalu yang mengikuti tes fisik, tes ini merupakan lanjutan usai melakukan tes kesehatan satu pekan lalu. Di mana, tes ini berlangsung di Gedung KONI Jatim, Surabaya, sejak 19 hingga 24 September 2022.

    Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Jatim, Dudi Harjantoro mengatakan, ini dilakukan untuk mengetahui kondisi para atlet yang akan masuk Puslatda. “Dalam tes ini kita gelar secara umum dulu untuk mengetahui kondisi atlet. Baru, setelah launching Puslatda akan dilakukan tes lagi yang lebih spesifik sesuai masing-masing cabang olahraga,” ungkap Dudi.

    Baca juga :  Timnas Berpeluang Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

    Dia menjelaskan, dalam tes ini ada standar-standar yang sudah ditetapkan oleh Binpres bekerja sama dengan tim tes fisik dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Standar tersebut yang nantinya akan menjadi acuan layak dan tidaknya atlet tersebut untuk masuk Puslatda. Termasuk acuan bagi cabor untuk melakukan promosi degradasi atlet.

    Salah satu tes dasar adalah pengukuran VO2 Max yang bertujuan mengetahui volume maksimal oksigen yang diproses oleh tubuh atlet saat melakukan aktivitas olahraga. “Jadi kalau ingin tampil maksimal pada bulan Oktober nanti, para atlet harus lebih banyak menggenjot fisik mereka,” ujar Dudi.

    Seleksi atlet dibuka dengan tes kesehatan yang terdiri dari pengecekan darah lengkap, tes urine, tensi dan konsultasi bersama tim dokter, di Gedung KONI Jatim, 12-17 September 2022. Kemudian tahap kedua, akan dilakukan tes fisik mulai 19 hingga 24 Septermber 2022.

    Baca juga :  Tambah 10 Pemain Baru,  Persekabpas Target Lolos Babak 32 Besar

    Perlu diketahui, target minimum yang KONI tetapkan untuk tes fisik tahap pertama dalam tes VO2 Max adalah level delapan. Pada tes kesehatan ini, mantan Kabid Binpres Dispora Jatim itu mengatakan, hanya diikuti oleh cabor-cabor yang sudah ditentukan masuk Puslatda sebanyak 40 cabor dari total 64 cabor yang dipertandingkan di PON. Sedangkan sisanya belum masuk Puslatda karena masuk katagori pembinaan khusus (binsus). (*)

    Reporter : Samuel Ruung

    Sumber : WartaTransparansi

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan