Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaGelar BIAN di Surabaya Sasar 178.876 Anak, Masih Ada Orang Tua Khawatir

    Gelar BIAN di Surabaya Sasar 178.876 Anak, Masih Ada Orang Tua Khawatir

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Gelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang digelar Pemkot Surabaya sejak awal Agustus 2022, akan menyasar 178.876 anak di Kota Surabaya. Tetapi, masih ada orang tua yang merasa  khawatir terhadap anaknya pasca menerima imunisasi.

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, sasaran BIAN adalah anak usia 9-59 bulan. Di Kota Surabaya, anak usia 9-59 bulan sebanyak 178.876 anak. Kegiatan ini bertujuan untuk melindungi dan mencegah anak-anak di Kota Pahlawan terjangkit penyakit.

    “Total sasaran anak usia 9-59 bulan di Kota Surabaya sebanyak 178.876 anak. BIAN ini adalah pemberian Campak-Rubella, serta melengkapi dosis karya Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewatkan,” kata Nanik, Kamis (4/8/2022).

    Baca juga :  Tim Ekspedesi Merah Putih Bentukan Dishut Jatim Menuju Gunung Arjuno

    Ia menjelaskan, cakupan BIAN di Kota Surabaya sampai dengan tanggal 2 Agustus masi sebanyak 9.244 anak atau 1,92 persen. Sebab, sebagian orang tua balita masih merasa khawatir dan takut akan adanya reaksi yang wajar pasca-kerja.

    “Itu dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai manfaat dan mekanisme penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI),” ungkapnya.

    Meski demikian, ia meminta para orang tua untuk tidak panik atau khawatir pada pelaksanaan BIAN Tahun 2022. Karena itu diperlukan sebagai salah satu upaya intervensi kesehatan masyarakat terhadap Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I).

    “Maka diimbau untuk seluruh orang tua yang memiliki anak usia 9-59 bulan agar berperan aktif ikut serta dalam pelaksanaan BIAN,” ujarnya.

    Baca juga :  Kolaborasi PMI dan Kwarda Pramuka Jatim Lakukan Pembinaan Generasi Muda

    Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya Rini Indriyani telah melakukan roadshow atau pelaksanaan BIAN di beberapa Posyandu di Kota Pahlawan. Karenanya, pemkot menargetkan 100 persen anak-anak di Kota Surabaya mendapatkan ilmunya.

    “Kita lengkapi latihan untuk anak-anak pada bulan Agustus ini, jadi serentak dilakukan. Harapan kami, satu bulan ini mencapai target 100 persen anak-anak Surabaya mendapatkan teknik,” tukasnya. (*)

    Reporter : wetly

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan