Sabtu, 20 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaAgar Surabaya Sejuk dan Rindang, DLH Tanam Seribu Tanaman Setiap Hari

    Agar Surabaya Sejuk dan Rindang, DLH Tanam Seribu Tanaman Setiap Hari

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Salah satu upaya mencegah dampak dari pemanasan global sekaligus membuat Kota Pahlawan agar terasa lebih sejuk dan rindang. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menanam seribu tanaman setiap harinya.

    Kepala DLH Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, langkah (penananan) tersebut sebagai bentuk konsistensi Pemkot Surabaya dalam melakukan penghijauan dalam kota.

    “Selama satu bulan ratusan ribu tanaman kita tanam. Seharinya paling tidak ada seribu tanaman. Baik itu pohon, semak, palem, termasuk dengan tanaman-tanaman yang kecil-kecil,” kata Agus Hebi, Selasa (2/8/2022).

    Ribuan tanaman tersebut, lanjutnya, penanamannya terbagi ke enam rayon atau wilayah di Kota Surabaya. Yakni, Rayon Pusat, Barat, Utara, Timur 1, Timur 2 dan wilayah Selatan.

    Baca juga :  Kolaborasi PMI dan Kwarda Pramuka Jatim Lakukan Pembinaan Generasi Muda

    Selain di enam wilayah tersebut, ia juga mengungkapkan, bahwa dalam setiap harinya, ada tanaman yang juga ditanam di taman-taman aktif. Baik itu berupa tanaman baru maupun untuk tanaman yang sudah kering.

    Data dari DLH Kota Surabaya pada bulan Juli 2022, ada sebanyak 579.718 tanaman yang ditanam, tersebar di seluruh wilayah di Kota Pahlawan. Tanaman tersebut, terdiri dari semak sebanyak 312.791 bibit, perdu 240 bibit, pohon pelindung 1.196, palem 120 bibit dan tanaman hias 766 bibit.

    “Jadi setiap bulan memang kurang lebih ratusan ribu jumlah tanaman yang kita tanam. Dan itu ditanam di seluruh rayon serta taman-taman aktif,” ungkap Agus.

    Ia berharap, melalui langkah konkrit tersebut, dapat membuat suasana di Kota Surabaya lebih sejuk. Itu sekaligus bertujun untuk meminimalisasi dampak dari pemanasan global.

    Baca juga :  Gubernur Khofifah Ingatkan Pentingnya Moderasi dan Toleransi Untuk Merawat Kebhinekaan

    “Tujuannya adalah agar Surabaya lebih sejuk dan tidak panas. Karena itu, kita melakukan penanaman seribu tanaman setiap harinya,” ujarnya. (*)

    Reporter : wetly

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan