Sabtu, 13 Agustus 2022
31 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanGubernur Khofifah Kembali Raih TOP Pembina BUMD 

    Gubernur Khofifah Kembali Raih TOP Pembina BUMD 

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali meraih penghargaan sebagai TOP Pembina BUMD pada ajang TOP BUMD Awards 2022 yang digelar oleh Majalah Top Business bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA).

    Tahun ini menjadi kali kedua berturut-turut dimana Gubernur Khofifah juga menerima penghargaan yang sama di ajang tersebut pada tahun 2021 lalu.

    Secara khusus, penyerahan penghargaan TOP Pembina BUMD di ajang TOP BUMD Award Tahun 2022 itu dilakulan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/4/2022) siang. Di kesempatan itu, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdaprov Jatim Dr. Ir. Jumadi, MMT hadir dan menerima penghargaan tersebut mewakili Gubernur Khofifah.

    Atas diterimanya penghargaan ini, Gubernur Khofifah mengucap syukur dan bangga atas kinerja sektor BUMD yang ada di Jawa Timur. Menurutnya BUMD menjadi sektor pendorong bangkitnya ekonomi di Jatim.

    “Alhamdulillah, prestasi di tahun lalu bisa kembali diterima di tahun ini. Ini bukti akan konsistensi kita semua dalam memajukan BUMD di Jawa Timur. Tapi bahwa penghargaan ini tidak mungkin kami terima tanpa adanya sinergi yang kuat antar seluruh BUMD yang ada di Jatim,” ungkap Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis (21/4/2022).

    Baca juga :  Wagub Emil Napak Tilas Perjuangan Sang Kakek di Balikpapan

    Sebagaimana diketahui TOP BUMD Awards merupakan ajang bergengsi yang memberikan penghargaan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia.

    Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan), dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

    Selain TOP Pembina BUMD 2022 yang diraih oleh Gubernur Khofifah, sejumlah pucuk pimpinan BUMD di Jatim juga meraih penghargaan sebagai TOP CEO BUMD 2022.

    Para penerima TOP CEO BUMD 2022 di ajang tersebut adalah Busrul Iman selaku Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk, kemudian Yudhi Wahyu Maharani selaku Direktur Utama PT BPR Jatim Bank UMKM Jatim, lalu Untung Heri Sukariyanto selaku Direktur Utama PT Jamkrida Jatim dan Joko Triono selaku Direktur Utama PT Air Bersih Jatim.

    Baca juga :  15 Anggota Eks JI Jatim Ikrar Setia NKRI dan Pancasila

    Tidak hanya itu, beberapa BUMD Jatim juga mendapat gelar TOP BUMD 2022 Bintang 4 dan Bintang 5. Rinciannya, jajaran BUMD di Jatim yang mendapatkan Bintang 4 adalah PT BPR Jatim Bank UMKM Jatim, PT Jamkrida Jatim dan PT Air Bersih Jatim.

    Sedangkan yang mendapatkan Bintang 5 adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. Sementara khusus untuk PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk juga meraih Golden Star Trophy.

    Lebih lanjut, Gubernur Khofifah mengakui bahwa pihaknya memang menggenjot peran BUMD secara maksimal dalam mengungkit ekonomi Jatim. Di setiap kesempatan itu selalu berpesan agar BUMD tidak hanya berorientasi profit.

    Melainkan lebih fokus dalam memberikan bantuan dan fasilitasi bagi para UMKM demi mendongkrak ekonomi mereka yang terjebak dalam masa sulit dampak dari pandemi covid-19.

    Baca juga :  150 ASN Jatim Menerima Anugerah Satyalancana Karya Satya 2022

    “Kami terus mendorong BUMD di Jatim untuk memaksimalkan penyaluran kredit, KUR, CSR maupun bantuan modal untuk bisa membantu UMKM kita. Dan alhamdulillah hasilnya cukup bisa dilihat, bahwa per tahun 2021 kontribusi UMKM ke PDRB kita meningkat, kini angkanya menjadi 57,81 persen,” urai Khofifah.

    Tidak lupa, melalui kegiatan TOP BUMD Awards ini, Gubernur Khofifah berpesan agar setiap BUMD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur diharapkan dapat terpacu untuk terus berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan dan perekonomian daerah.

    “Kerja keras kita, ikhtiar kita untuk masyarakat semoga bisa terus terjaga. Tetap pesan saya, mari jaga komitmen kita bersama untuk mendukung BUMD agar terus berkontribusi bagi pembangunan ekonomi di Jawa Timur,” pungkasnya. (Jon/min)

    Reporter : Soejono Muhammad

    Penulis :

    Editor:

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan