Senin, 8 Agustus 2022
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaTunjungan Plaza Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

    Tunjungan Plaza Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza (TP) di sisi jalan Embong Malang Surabaya, dilalap si jago merah, Rabu (13/4/2022) sekitar pukul 17.45 WIB. Api diduga berasal dari rooftop di lantai 5. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

    Puluhan mobil kebakaran milik Pemkot Surabaya dikerahkan ke lokasi kejadian. Sebanyak 60 personel yang tergabung dalam tim pertolongan PMK juga dikerahkan ke dalam titik kebakaran yang terjadi di TP 5.

    Saat di lokasi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, belum bisa memastikan sumber api.

    “Kami masih menunggu hasil pemeriksaan Labfor Polda Jatim, tapi lokasi yang paling dicurigai lantai 12, 10, 5, dan 4,” ujarnya.

    Baca juga :  Kelurahan Karangpilang Wakil Surabaya dalam BBGRM Tingkat Jatim

    Hanya, lanjutnya, saat di dalam mal terbesar di Jawa timur itu, Dedik mengaku mencium aroma asap yang paling menyengat di restoran yang terletak di lantai 5.

    Lantai 4 asapnya pekat sekali. Asap juga masih terjebak koridor yang menghubungkan TP 4 dan 5. Asap pekat juga didapati terjebak di dalam bioskop karena dindingnya kedap dan tidak ada aliran udara.

    Api, menurut Dedik, cepat padam karena sistem proteksi kebakaran di mal tersebut berfungsi dengan baik. “Kami mengerahkan 28 unit mobil pemadam, termasuk di antaranya tiga unit Bronto Skylift,” ujarnya.

    Sementara Direktur Marketing Pakuwon Group selaku pengelola TP, Sutandi Purnomosidi mengatakan, informasi ia peroleh dari tim operasionalnya di lokasi, dugaan awal kebakaran berasal dari rooftop lantai 10 Tunjungan Plaza 5.

    Baca juga :  Gelar BIAN di Surabaya Sasar 178.876 Anak, Masih Ada Orang Tua Khawatir

    “Rooftop TP 5 yang terbakar, tepatnya di lantai 10 dan sekarang masih tahap investigasi. Di video memang api itu terlihat turun, tapi tidak sampai membakar bagian dalam mal,” jelasnya.

    Menurutnya, kebakaran dipastikan tidak berdampak pada seluruh tenant yang ada di lantai 5 gedung tersebut. Kondisi tenant aman dan tidak ada yang terimbas.

    Sedangkan Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, setelah selesai melakukan penyisiran bersama petugas PMK, ia memastikan tidak ada pengunjung yang terjebak dalam gedung yang terbakar tersebut.

    “Alhamdulillah tadi informasi dari manajemen ketika kejadian mengeluarkan pengunjung dulu. Setelah semua keluar, baru manajemennya, baru security. Tadi kita keliling setiap lantai, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujar Eri kepada wartawan.

    Baca juga :  Balap Karung ODGJ Liponsos Meriahkan 77 Tahun Kemerdekaan RI

    Hingga pukul 21.00 WIB, petugas masih terus melakukan pembasahan. Bahkan, setelah pembasahan selesai, Eri mengaku masuk lagi untuk mengecek penyebab kebakaran.  **

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan