Selasa, 23 Juli 2024
23 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaVaksinasi Lansia di Balai RW untuk Percepat Vaksin Booster

    Vaksinasi Lansia di Balai RW untuk Percepat Vaksin Booster

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Untuk mempercepat jalannya vaksin booster, Dinas Kesehatan Kota Surabaya melaksanakan vaksinasi untuk lansia di Balai RW. Seperti berlangsung di balai RW 04 Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo.

    Menurut Wali Kota Eri Cahyadi, vaksin booster ini sengaja diadakan di balai RW, tujuannya agar para lansia tidak terlalu jauh pergi ke Puskesmas Ngagel Rejo.

    “Sebenarnya kan di rumah-rumah secara door to door. Tapi banyak yang minta di balai RW, katanya biar seneng ketemu temannya, sesama lansia. Kalau lansia senang kan imunnya akan semakin bagus,” ujarnya.

    Eri mengatakan, vaksinasi booster untuk lansia ini target sasarannya ada 12 ribu dan disesuaikan dengan dosis yang ada. Untuk itu, ia ingin Dinkes Surabaya mempercepat proses vaksinasi tersebut.

    Baca juga :  Kisruh di PWI Pusat, Puluhan Wartawan Jatim Tuntut KLB

    “Kudu (harus) sabar memang kalau menghadapi orang sepuh (orang tua). Makannya saya bilang ke teman-teman Dinkes tadi, ayo ini (vaksin boosternya) dipercepat saja,” ujarnya.

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukristina menjelaskan, vaksinasi ketiga ini berjalan kondusif. Senada dengan wali kota, sasarannya per hari ini ada 12 ribu lansia se-Kota Pahlawan. Sedangkan untuk lansia yang ada di wilayah Kelurahan Ngagel Rejo, total ada 533 sasaran.

    “Dosisnya yang dipakai ini jenis Pfizer, sasarannya secara keseluruhan ada 80 ribu lansia se-Surabaya. Hari ini 12 ribu, kita adakan serentak ada yang berjalan di puskesmas juga. Ada juga yang kita sasar ke rumah-rumah bagi yang tidak bisa hadir,” kata Nanik.

    Baca juga :  Survei Pilwali Surabaya 2024 ARCI: Eri Cahyadi Makin Kokoh, Bayu Airlangga Terus Mengejar

    Hari pertama vaksinasi pada 12 Januari 2022), sasaran vaksin booster yang telah tercapai totalnya 680 digelar di 12 lokasi puskesmas.

    “Sesuai sosialisasi dari Kemenkes yang jadi prioritas adalah lansia dan kelompok rentan (komorbid),” jelasnya.

    Proses vaksinasi ini sama seperti vaksin dosis satu dan dua sebelumnya, yaitu melalui proses skrining dan tubuh harus dalam kondisi fit. Tidak lupa menyampaikan kepada masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan ketat meskipun sudah dilakukan vaksinasi dosis ketiga. **

    Editor : wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan