Minggu, 2 Oktober 2022
25 C
Surabaya
More
    OlahragaMantan Manajer Persebaya Abah Farid Tutup Usia

    Mantan Manajer Persebaya Abah Farid Tutup Usia

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Mantan Manajer Persebaya pada 2017, H Choesnoel Farid tutup usia, Minggu (26/12/2021) siang. Kabar duka tersebut mengagetkan banyak pihak, termasuk di diberbagai grup WhatsApp (WA) maupun Facebook Bonek yang merupakan pendukung Persebaya.

    Hal ini seperti dibenarkan oleh Persebaya Surabaya melalui akun Instagram resmi klub tersebut. Klub berjuluk Bajol Ijo tersebut mengaku merasa kehilangan dan berduka atas kepergian mantan Manajer Persebaya di medio 2017 itu. “Segenap keluarga besar Persebaya kehilangan mantan manajer tim sekaligus ketua klub internal Al-Rayyan, H. Choesnoel Farid,” tulis akun instagram resmi Persebaya, @officialpersebaya.

    Sosok Abah Farid —panggilan akrab Choesnoel Farid — dikenal sebagai tokoh yang memiliki jasa besar dalam pembinaan sepakbola di kota pahlawan itu. “Almarhum menjadi manajer pertama sejak Persebaya dipulihkan statusnya dan aktif dalam pembinaan sepak bola Surabaya,” sambungnya.

    Baca juga :  Jelang Dijamu Arema, Persebaya Emoh Jajal Stadion Kanjuruhan

    Mantan pelatih Persebaya Persebaya Ibnu Grahan yang dikenal dekat dengan Abah Farid mengatakan, temannya meninggal karena serangan jantung. “Saya juga kaget mendengar Haji Farid meninggal. Mudah-mudahan diberikan tempat terbaik. Haji Farid orang baik. Semoga khusnul khotimah,” terang Ibnu.

    Farid dan Ibnu memang dikenal sebagai sahabat baik. Keduanya juga pernah sama-sama mendirikan klub Surabaya Football Club (SFC). Pemain-pemain jebolan SFC diantaranya kiper Galih Pratama juga Misbakus Sholikin yang juga pernah memperkuat Persebaya di Liga 1.

    Dia juga pernah menjabat sebagai asisten Manajer Persebaya di era Indonesian Premier League (IPL) bersama Gede Widiade yang saat itu menjabat sebagai Manajer. Pria kelahiran 30 Juli 1966 itu juga dikenal baik dengan kalangan media.

    Baca juga :  Kenaikan Ranking FIFA Indonesia Paling Tinggi Dibanding Anggota AFF

    Saat ini, Abah Farid memiliki dua klub yang menjadi anggota serta berlaga di kompetisi internal Persebaya maupun PSSI internal, Al Rayyan dan Farfaza FC. Farid juga menjabat sebagai pengurus di Asosiasi Kota (Askot) PSSI Surabaya dan Bendahara KSAP (Koperasi Surya Abadi Persebaya).

    Farid pernah ditunjuk sebagai manajer tim senior Persebaya pada Liga 2 2017 lalu. Ia turut andil dalam proses perekrutan pemain Persebaya, hingga tim berjuluk Green Force ini menjadi juara Liga 2 2017.(sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan