Minggu, 2 Oktober 2022
25 C
Surabaya
More
    OlahragaIndonesia ke Final Piala AFF Lewat Drama 3 Kartu Merah untuk Singapura

    Indonesia ke Final Piala AFF Lewat Drama 3 Kartu Merah untuk Singapura

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Drama tiga kartu merah dan tendangan penalti yang gagal milik Singapura akhirnya membawa timnas Indonesia lolos secara dramatis  ke babak final Piala AFF 2020. Itu setelah tim asuhan Shin Tae-yong menyingkirkan tuan rumah Singapura 4-2 (5-3) di leg kedua babak semifinal yang berlangsung di Stadion National Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam.

    Pertandingan harus diselesaikan hingga perpanjangan waktu (ekstra time) setelah hingga waktu normal, kedua tim bermain imbang 2-2,  tapi Singapura bermain dengan sembilan pemain setelah mendapat dua kartu merah. Masing-masing pemain belakang Safuwan Baharudin dan Irfan Fandi yang diusir wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi.

    Empat gol di waktu normal masing-masing dicetak Witan Sulaiman menit ke-12 kemudian disamakan oleh pemain Singapura Song Ui-young.  Di babak kedua waktu normal Singapura berbalik unggul 2-1 lewat Shahdan Sulaiman menit ke-75 saat bermain dengan 9 pemain. Namun, pemain bek sayap timnas Pratama Arhan menyelamatkan timnya lewat gol yang dicetak pada menit ke-87. Menjelang babak kedua usai, Singapura sempat mendapat peluang emas lewat titik penalti. Namun tendangan Faris Ramli digagalkan kiper Indonesia Naedo Argawinata.

    Baca juga :  Leg Kedua FIFA Matchday, Timnas Indonesia Kembali Taklukkan Curacao

    Memasuki babak perpanjangan waktu, Timnas Indonesia yang diuntungkan unggul jumlah pemain pun memborbardir pertahanan lawan yang hanya bermain 9 orang. Gol sudah terjadi menit ke-91 perpanjangan waktu pertama lewat lewat gol bunuh diri pemain Singapura Shawal Anuar. Egy Maulana Fikri menyumbangkan gol pertamanya untuk Indonesia menit ke-105 yang membuat timnas total unggul 5-3.

    Menjelang waktu ekstra time berakhir, kiper Singapura, Hassan Sunny menjadi pemain ketiga Singapura yang dikartu merah wasit asal Oman tersebut setelah menghadang Irfan Jaya di depan gawangnya. Dengan demikian Indonesia lolos ke final menunggu pemenang tim semifinalis lainnya Thailand vs Vietnam.

    Kedua tim kembali akan bertemu di leg kedua, Senin (26/12/2021) malam untuk menentukan siapa yang layak menghadapi Indonesia di babak final. Thailand diuntungkan setelah di leg pertama semifinal sudah unggul 2-0. Sehingga hanya butuh imbang untuk lolos. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan