Kamis, 2 Desember 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoOver Kapasitas, Lapas Mojokerto Pindahkan 20 Napi ke Probolinggo

    Over Kapasitas, Lapas Mojokerto Pindahkan 20 Napi ke Probolinggo

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Setelah memindahkan penghuni lapas ke Tuban karena over kapasitas, hari ini Lapas Kelas IIB Mojokerto kembali memindahkan narapidana ke penjara lain,di Probolinggo. Kepindahan sebanyak 20 orang napi untuk mengurangi over kapasitas yang sudah mencapai 300 persen, Rabu (10/11/2021).

    Sebanyak 20 orang terdiri dari para napi kasus narkoba dan kriminal umum diberangkatkan ke Lapas Probolinggo mulai pukul 04.00 WIB. Sebelum berangkat, para napi diswab antigen untuk memastikan yang bersangkutan bebas Covid-19.
    Proses pemindahan mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian. Selain itu, para napi juga memakai pengaman rantai yang saling terhubung di tangan mereka.

    Kalapas Kelas II-B Mojokerto Dedi Cahyadi mengatakan, pemindahan napi ini dilakukan secara rutin satu bulan sekali. Upaya ini guna mengurangi kelebihan penghuni lapas 300 persen.

    “Pemindahan untuk mengurangi jumlah penghuni lapas dan meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Mojokerto,” tegas Dedi.

    Sebelumnya, Lapas Mojokerto telah memindahkan 20 napi ke Lapas Kelas IIB Tuban pada 23 September 2021 lalu. Dari 20 napi pindahan dari Mojokerto, 19 orang merupakan terpidana kasus narkotika.

    Sebanyak 15 napi di antaranya menjalani masa hukuman mulai 5 sampai 10 tahun. Kemudian, ada 4 warga binaan lainnya divonis hukuman pidana 4 tahun penjara.(*)

    Reporter : Gatot Sugianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan