Kamis, 2 Desember 2021
25 C
Surabaya
More
    OlahragaWasit Persebaya vs Persela Diistirahatkan

    Wasit Persebaya vs Persela Diistirahatkan

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) Sesuai dengan regulasi dan statuta, Komite Wasit PSSI setelah melakukan sidang singkat secara zoom menghukum sejumlah wasit, karena kesalahan dalam memimpin pertandingan.

    Salah satu, wasit yang menjadi perbincangan suporter Bonek Surabaya ialah
    wasit Musthofa Umarella yang memimpin laga Persebaya vs Persela. Wasit Musthofa akan kita istirahatkan. Tidak boleh memimpin pertandingan Liga 1 maupun Liga 2,” kata Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh UB, P.hD.

    Menurut Riyadh, wasit asal Jakarta itu mendapat sanksi diistirahatkan untuk sementara waktu tidak boleh memimpin pertandingan di Liga 1 maupun Liga 2. Hal itu sesuai dengan statuta.

    Keputusan ini dijatuhkan, lanjut Riyadh, setelah pihaknya melakukan evaluasi dan menimbang masukan dari berbagai sumber. Termasuk rekaman pertandingan dari host broadcast. “Ada kesalahan yang mendasar saat ia memimpin. Karena itu, kita parkir dulu,”jelasnya, Kamis (4/11/2021).

    Baca juga :  Wartawan Pokja KONI Gelar Diskusi Songsong PON 2024

    Diketahui, pada
    pertandingan Persebaya lawan Persela, tim berjuluk Bajol Ijo memang melayangkan protes. Selain di lembar resmi match Comissioner, Persebaya juga mengirim surat resmi ke PSSI. Mengadukan wasit Musthofa Umaralella.

    Proses Persebaya itu, menurut Riyadh, kejadian di menit ke-34. Dimana bola tendangan bebas Jose Wilkson yang gagal diamankan kiper Dwi Kusworo ditangkapan pertama, terlihat sudah melewati garis gawang. Tetapi, wasit dan asisten wasit tidak mengesahkan.
    Padahal, jarak pandangnya cukup jelas dan tidak terhadang.

    Pada tayangan ulang televisi, bola juga terlihat jelas melewati garis.
    Celakanya, wasit Musthofa justru mengesahkan gol yang dilesakkan striker Ivan Carlos beberapa detik setelah kejadian ini. Padahal, sang pemain terlihat dalam posisi offside. “Semua sudah kita pelajari. Dan keputusannya seperti itu,” ujarnya.

    Baca juga :  Wartawan Pokja KONI Gelar Diskusi Songsong PON 2024

    Riyadh menjelaskan, keputusan mengistirahatkan wasit karena kesalahan dalam memimpin pertandingan sesuai regulasi, “Mohon maaf saya tak bisa mengumumkan detilnya. Berapa lama wasit ini harus istirahat. Yang pasti, keputusan sudah kita ambil,” tegasnya.

    Riyadh menepis bila langkah ini dibilang lambat. Pihaknya, perlu waktu dan harus berhati-hati mengambil keputusan. Pasalnya, hal ini menyangkut karir seseorang. “Jangan sampai kita menghukum yang tak bersalah. Dholim. Kita pertimbangkan semua sisi sebelum mengambil keputusan. InsyaAllah ini yang terbaik,” tegasnya. “Ini juga sekaligus menegaskan, kami di PSSI tidak main-main dalam urusan seperti ini. Saya menjadi jaminan,”tambahnya.

    Selain wasit Musthofa, kata dia, PSSI juga menghukum beberapa wasit yang keputusannya dinilai kurang adil atau kontroversial. “Ada beberapa nama yang juga kita sanksi. Nanti akan kita publikasikan secara resmi,” ujarnya. (jt)

    Reporter : Djoko Tetuko
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan